Indonesia Boyong 50 Produsen dan Eksportir Mamin ke FOODEX 2023 di Jepang
JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Indonesia memboyong sekitar 50 produsen dan eksportir makanan dan minuman (mamin) skala usaha kecil dan menengah (UKM), skala besar, dan badan usaha milik negara (BUMN) untuk berpartisipasi di pameran mamin FOODEX 2023 di Jepang.
Pameran tersebut digelar di Tokyo pada 7–10 Maret 2023. FOODEX 2023 yang diselenggarakan tahun ini merupakan pelaksanaannya yang ke-48.
Partisipasi Indonesia pada pameran ini merupakan kolaborasi Kedutaan Besar Republik Indonesia Tokyo dan Kementerian Perdagangan, yang bekerja sama dengan Bank Indonesia Tokyo, Bank BNI Cabang Tokyo, Indonesian Trade Promotion Center Osaka, dan ASEAN Japan Centre.
“Keikutsertaan dalam pameran ini merupakan langkah strategis mempromosikan produk makanan dan minuman Indonesia kepada buyer Jepang dan mancanegara, terutama di Asia, karena pameran mamin ini merupakan salah satu yang terbesar di Asia," kata Atase Perdagangan Tokyo Arief Wibisono dikutip Jumat (17/3/2023).
Lebih lanjut dia memaparkan, FOODEX 2023 dihadiri lebih dari 70.000 pengunjung dan diikuti lebih dari 1.500 peserta dari 40 negara di antaranya Amerika Serikat, Italia, Prancis, Australia, Korea Selatan, Taiwan, Turki, dan Thailand.
Ke-50 produsen dan eksportir yang mengisi Paviliun Indonesia dalam FOODEX 2023 tersebut antara lain berasal dari Sulawesi Utara, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.
"Para peserta pameran dari Indonesia ikut serta dalam kategori-kategori yaitu produk pertanian, produk perikanan, produk mamin olahan, serta produk organik dan halal," terang Arief.
Duta Besar RI untuk Jepang merangkap Federasi Mikronesia Heri Akhmadi mengatakan, keikutsertaan produsen dan eksportir mamin Indonesia dalam FOODEX 2023 merupakan upaya untuk mempertahankan kinerja bagus ekspor Indonesia ke Jepang.
“Ekspor Indonesia ke Jepang pada 2022 mencapai USD 24,8 miliar, menjadi rekor tertinggi sejak 2017 serta pertama kalinya menembus angka USD 20 miliar. Kita harus menjaga momentum kenaikan ekspor tersebut. Salah satu caranya adalah berpartisipasi pada pameran FOODEX 2023 yang merupakan ajang pameran mamin paling bergengsi dan terbesar di Jepang, bahkan Asia,” kata Dubes Heri Akhmadi.
Sebagian besar produk mamin asal Indonesia yang dipromosikan pada FOODEX 2023 adalah produk UKM. Produk pertanian dan perikanan tetap menjadi idola di Paviliun Indonesia. Sementara itu, produk terasi bubuk dari Gresik dan keripik dari Lamongan mendapatkan ketertarikan khusus dari salah satu distributor yang mempunyai 1.000 gerai di seluruh Jepang.
“Salah satu alasan kami datang ke FOODEX 2023 dan berkunjung ke Paviliun Indonesia adalah ketertarikan kami untuk berkolaborasi dengan para produsen Indonesia. Bahkan kami berencana akan berinvestasi di Indonesia di sektor makanan minuman,” kata Tsuyoshi Yamazaki, seorang produsen produk mamin yang berlokasi di Yokohama.
Editor: Jeanny Aipassa