Indonesia Diprediksi Makin Kencanduan Impor Garam

Ferdi Rantung · Kamis, 03 Desember 2020 - 20:54:00 WIB
Indonesia Diprediksi Makin Kencanduan Impor Garam
AIPGl memprediksi dalam 10 tahun mendatang kebutuhan konsumsi garam Indonesia mencapai 10 juta ton. 

JAKARTA, iNews.id - Ketua Umum Asosiasi Industri Pengguna Garam Indonesia (AIPGI) Tony Tanduk mengatakan konsumsi garam di Indonesia setiap tahun akan terus bertambah. Dia memprediksi dalam 10 tahun mendatang kebutuhan konsumsi garam Indonesia mencapai 10 juta ton. 

"2025 akan mencapai 7 juta ton, kemudian kebutuhan garam tahun 2030 kemungkinan akan 10 juta ton," kata Tony dalam webinar tentang Swasembada Garam, Kamis (3/12/2020).

Dia menjelaskan, contoh pada industri kimia, dalam keadaan normal, industri kimia ada kenaikan 5-6 persen, sedangkan pada sektor konsumsi di angka 3 persen. Penyerapan di sektor konsumsi tidak sebesar industri kimia karena peningkatannya tergantung pada populasi.

Saat ini, permintaan garam di kisaran 4 juta ton lebih per tahun. Ini akan menjadi masalah besar, karena Indonesia diperkirakan ketergantungan dengan impor. Sebab, produksi garam dalam negeri hanya 1,3 juta ton.

"Produksi garam nasional dari PT Garam dan Garam Rakyat tahun 2020 diperkirakan 1,3 juta ton," kata Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Safri Burhanuddin.

Editor : Dani M Dahwilani