Ini Klaster Ekonomi yang Akan Dikembangkan di Ibu Kota Baru

Iqbal Dwi Purnama ยท Rabu, 26 Januari 2022 - 14:37:00 WIB
Ini Klaster Ekonomi yang Akan Dikembangkan di Ibu Kota Baru
Kementerian PPN/Bappenas menyebut terdapat beberapa klaster ekonomi yang akan dikembangkan di IKN Nusantara, teknologi bersih hingga energi rendah karbon. (Foto: Twitter Presiden Jokowi)

JAKARTA, iNews.id - Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru, Nusantara diharapkan dapat menjadi pertumbuhan ekonomi baru di Indonesia. Kementerian PPN/Bappenas menyebut terdapat beberapa klaster ekonomi yang akan dikembangkan di IKN.

"Klaster pertama adalah industri teknologi bersih, klaster yang kedua adalah farmasi terintegrasi, ketiga industri pertanian berkelanjutan, keempat ekowisata, kelima bahan kimia dan produk kimia, dan ke enam klaster energi rendah karbon," ujar Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas Amalia Adininggar dalam Indonesia Economic Outlook 2022 HIPMI, Rabu (26/1/2022).

Amalia menjelaskan, dari enam klaster tersebut akan di dukung oleh dua klaster penunjang, yaitu industri 4.0 dan pendidikan abad 21 atau advance education.

"Karena diharapkan dalam jangka panjang IKN ini akan menjadi economic super hub, dimana ini akan menjadi satu penggerak dan menciptakan economic domestik value change yang akan memperkokoh resiliensi ekonomi Indonesia," kata dia.

Dia menyebut, IKN Nusantara nanti akan di dorong oleh pengembangan manufacture active pharma ingredients. Sebab, menurutnya di Kalimantan memiliki bahan baku yang cukup besar.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: