Ini Pentingnya Memiliki Pasangan yang Melek Keuangan, Kamu Harus Tahu!

Dinar Fitra Maghiszha · Minggu, 19 Juni 2022 - 17:32:00 WIB
Ini Pentingnya Memiliki Pasangan yang Melek Keuangan, Kamu Harus Tahu!
Ini pentingnya memiliki pasangan yang melek keuangan, kamu harus tahu!

JAKARTA, iNews.id - Pentingnya memiliki pasangan yang melek keuangan akan membantu kamu mengelola keuangan. Dengan pengelolaan yang baik maka akan menghindari kamu dan pasangan dari masalah keuangan. 

Lalu apa sih yang dimaksud dengan melek keuangan?

Mengutip Bankrate, istilah melek keuangan mengacu pada tingkat pengetahuan yang memadai tentang keuangan pribadi seperti tabungan, budgeting atau penganggaran, manajemen kredit, investasi, pajak, asuransi, dan lainnya sehingga dapat membuat keputusan yang tepat dan efektif dengan uang yang dimiliki. 

Menjadi melek keuangan berarti seseorang memiliki pemahaman tentang dasar-dasar untuk mengambil keputusan dalam hal pengeluaran dan tabungan secara cerdas dan tahu ke mana harus berpaling ketika membutuhkan bantuan. 

Melek keuangan melibatkan pelacakan pengeluaran untuk mengetahui ke mana uang akan pergi. Itulah titik awal untuk menghindari utang, membayar utang, menabung, dan berinvestasi. 

Setelah mengetahui apa itu melek keuangan, tidak hanya kamu tapi pasangan yang melek keuangan itu juga penting kan? Nah, berikut ini beberapa manfaat pentingnya memiliki pasangan yang melek keuangan:

1. Membantu Kamu Hidup Lebih Tenang

Memiliki pasangan yang melek keuangan akan membantumu hidup lebih tenang karena tidak khawatir dengan pengeluaran sehari-hari. Literasi keuangan membantu seseorang menghilangkan kekhawatiran tersebut. 

2.  Membantu Kamu Siap Menghadapi Masa Depan

Selain itu, pasangan yang melek keuangan juga membantumu siap untuk menghadapi masa depan karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. 

Pasangan yang melek keuangan akan menyiapkan tabungan darurat untuk mengatasi masalah tak terduga, seperti tagihan medis, kehilangan pekerjaan dan lainnya. Dengan demikian, kamu dan pasangan atau keluarga bisa menghindari dari masalah keuangan yang jauh lebih besar. 

3. Membantu Kamu Memilih Strategi dan Mengambil Keputusan yang Tepat

Dalam kehidupan sehari-hari kita dituntut mengambil keputusan yang tepat dan itu tidak terlepas dari aspek keuangan, sehingga membuatnya menjadi semakin kompleks. Karena itu, dengan memiliki pasangan yang melek keuangan dapat membantumu untuk memilih strategi dan keputusan keuangan yang tepat. 

4. Membantu Kamu Menghindari dan Melunasi Utang

Alasan penting harus memiliki pasangan yang melek keuangan adalah supaya kamu dan pasangan bisa lebih paham mengenai penghasilan saat ini dan memungkinkan untuk menghindari utang. 

Namun jika sudah terlanjur memiliki utang, pasangan yang melek keuangan akan membantumu untuk bis segera melunasinya, dengan mengubah prioritas dan menerapkan anggaran yang lebih ketat. Pasangan juga akan membantu menciptakan kebiasaan menabung yang lebih baik atau memberikan ruang dalam anggaran bulanan untuk pembayaran utang. 

5. Mempengaruhi Kekayaan Finansial

Memiliki pasangan yang melek keuangan keuangan juga dapat mendukung pertumbungan kekayaan finansial keluarga. Pasangan dapat membantu menentukan produk investasi yang tepat sesuai kebutuhan dan kemampuannya sehingga dikemudian hari imbal hasilnya mampu memperbaiki tingkat kesejahteraan. 

Pasangan yang melek keuangan juga kemungkinan akan menyisihkan sejumlah kecil uang setiap bulan untuk masa pensiun. Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir dengan masa pensiun kelak. 

Itulah manfaat pentingnya memiliki pasangan yang melek keuangan. Semoga bermanfaat ya! 

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda