Jadikan Indonesia Produsen Produk Halal Dunia, Kemendag Usung Konsep Food Safety
Dorongan kuat pemerintah untuk menggejot produk halal dalam negeri, juga dilakukan dengan membuat program peningkatan daya saing. Di mana, salah satu tujuannya adalah memperkuat branding produk halal Indonesia. "Kita juga adakan trade expo. Jadi banyak yang dilakukan Kemendag," katanya.
Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mencatat, ada delapan strategi pemerintah untuk meningkatkan ekspor produk halal di sejumlah negara. Delapan strategi tersebut dengan menggabungkan berbagai instrumen pemerintah yang tersedia saat ini.
Agus pun merinci kedelapan strategi yang sudah disusun tersebut antara lain, pertama, fokus produktif dan pasar. Di mana, produk halal akan diprioritaskan bagi sektor makanan dan minuman. Lalu, kosmetik, obat-obatan, travel, finance, fashion, media, healthcare, dan pendidikan.
Kedua, relaksasi bahan baku impor untuk industri tujuan ekspor. Ketiga, peningkatan daya saing produk melalui Indonesia Design Development Center (IDDC) dibawah Ditjen PEN Kemendag.
Keempat, penguatan akses pasar. Diantaranya melalui pameran Trade Expo Indonesia Virtua Exhibition pada 10-16 November mendatang, World Dubai Expo pada Oktober 2021- Maret 2022, dan pemanfaatan fasilitas FTA, CEPA, EPA, serta PTA.