Jambi Punya Cadangan Batu Bara 1,9 Miliar Ton, Diprediksi Baru Habis 100 Tahun Lagi

Mochamad Rizky Fauzan ยท Senin, 24 Oktober 2022 - 11:27:00 WIB
Jambi Punya Cadangan Batu Bara 1,9 Miliar Ton, Diprediksi Baru Habis 100 Tahun Lagi
Jambi punya cadangan batu bara 1,9 miliar ton, diprediksi baru habis 100 tahun lagi.

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaporkan, Provinsi Jambi memiliki cadangan batu bara mencapai 1,9 miliar ton. Cadangan ini diperkirakan baru akan habis 100 tahun mendatang atau pada 2122.

"Kalau produksi batu bara di Jambi sebesar 19 juta ton per tahun, maka dengan jumlah cadangan sebanyak 1,9 miliar ton maka diperkirakan batu bara di Jambi baru akan bisa habis pada 100 tahun mendatang," kata Kepala Dinas ESDM Provinsi Jambi Harry Endria, dikutip Senin (24/10/2022).

Cadangan batu bara tersebut tersebar di beberapa kabupaten di Jambi. Adapun jumlah cadangan batu bara tersebut berpotensi meningkat jika kembali ditemukan cadangan baru.

Dia mengungkapkan, Jambi mendapatkan kuota produksi batu bara tahun ini dari kementerian ESDM sebanyak 42 juta ton per tahun. Sementara realisasinya masih jauh dari angka tersebut, yakni hanya 13 juta ton per September 2022.

Menurutnya, target produksi tersebut sulit dicapai karena mengalami kendala dalam pengangangkutan dari mulut tambang ke pelabuhan bongkar yang terletak di kawasan Talang Duku. Pengangkutan yang biasanya hanya membutuhkan waktu sehari, saat ini menjadi dua hari.

"Jadi otomatis untuk memenuhi target memang sulit bagi mereka karena hambatan berada di angkutannya," ujarnya.

Meski demikian, dia mengatakan, tidak ada dampak khusus jika Jambi tidak mencapai kuota produksi yang ditetapkan pemerintah. Yang menjadi persoalan, menurut dia, jika perusahaan penambang batu bara gagal memenuhi produksi sesuai yang ditetapkan dalam kontrak dengan pembelinya, salah satunya dengan PLN.

Adapun eberapa kabupaten penghasil batu bara terbesar di Jambi, yaitu Kabupaten Sarolangun, Bungo, Tebo, Batang Hari. Selain itu, Muaro Jambi dan Tanjung Jabung Barat.

Editor : Jujuk Ernawati

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda