Pemerintah Targetkan Setop Operasional 2 PLTU Batu Bara Tahun Ini

Mochamad Rizky Fauzan · Jumat, 23 September 2022 - 09:56:00 WIB
Pemerintah Targetkan Setop Operasional 2 PLTU Batu Bara Tahun Ini
Kementerian ESDM menargetkan untuk menyetop operasional dua Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berbasis batu bara pada tahun ini. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan untuk menyetop operasional dua Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berbasis batu bara pada tahun ini. Menteri ESDM Arifin Tasrif menuturkan, rencana tersebut dilakukan melalui mekanisme energy transition mechanism yang akan didanai oleh pihak fasilitas pendanaan. 

Terkait rencana penyetopan operasional PLTU tersebut, pemerintah disebut tengah melakukan kajian dan juga negosiasi dengan Asian Development Bank (ADB) yang akan mengucurkan pendanaan. 

"Kita harapkan ada yang bisa dimulai tahun ini. Tahun ini ada yang dimulai lah entah satu, dua," ujar Arifin di Gedung DPR, Jakarta, dikutip, Jumat (23/9/2022).

Sebagai informasi, pemerintah bakal menyetop operasional pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) yang telah mencapai masa kontrak 30 tahun guna mendukung program energi bersih. Secara total ada 33 PLTU dengan kapasitas 16,8 GigaWatt (GW) yang telah beroperasi selama tiga dekade.

Arifin menuturkan, dalam rencana usaha penyediaan tenaga listrik (RUPTL) 2021-2030 ditargetkan untuk menghasilkan listrik dari pembangkit yang lebih hijau.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda