Jangan Sampai Keteteran, Ini Cara Mengatur Waktu untuk Double Job

2. Cari Kelemahan dan Kelebihan Dirimu Sendiri
Langkah kedua, kamu bisa mencari tahu kelemahan dan kelebihan diri kamu sendiri. Jadikan itu sebagai acuan untuk mengatur waktumu dalam menjalankan pekerjaan sampingan.
Misalnya kamu sebagai karyawan sebuah perusahaan. Pulang kerja dari kantor pukul 15.00. Kamu bisa memanfaatkan waktu setelah pulang kerja untuk menjalankan pekerjaan sampingan. Itulah bagian dari kelebihanmu.
Artinya kelemahanmu adalah tidak bisa mengerjakan pekerjaan sampingan di jam-jam kerjamu.
3. Manfaatkan Cuti dan Hari Libur
Cuti kamu bisa dimanfaatkan untuk fokus pada pekerjaan sambilan. Selain cuti bisa juga memanfaatkan waktu liburmu. Kadang seseorang tidak dapat mengerjakan pekerjaan sampingan dengan fokus. Alasannya, beban kerja pada pekerjaan utama cukup berat.
4. Alokasikan Pekerjaan dengan Tepat
Kamu dapat mengalokasikan pekerjaan secara tepat. Maksudnya pada pekerjaan yang memiliki tingkat kesulitan tinggi akan bisa dikerjakan dengan mudah waktu energi kamu dalam posisi yang tinggi juga.