Jangan Termakan Isu, Pemerintah Belum Tetapkan Harga Vaksin Covid-19

Giri Hartomo · Minggu, 13 Desember 2020 - 18:49:00 WIB
Jangan Termakan Isu, Pemerintah Belum Tetapkan Harga Vaksin Covid-19
Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) menyatakan belum ada penetapan harga vaksin Covid-19 jenis mandiri (berbayar). (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah melalui Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) menyatakan belum ada penetapan harga bagi vaksin Covid-19 jenis mandiri (berbayar) bagi masyarakat umum. Sementara itu, harga vaksin mandiri yang beredar saat ini belum dipastikan menjadi rujukan pemerintah. 

Juru bicara pemerintah yang juga Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmidzi mengatakan, pihaknya belum menetapkan harga vaksin Covid-19. Dia meminta, masyarakat menunggu informasi resmi harga vaksin yang akan disampaikan pemerintah. 

Belum adanya keputusan harga vaksin mandiri karena kehadiran dan penggunaannya dalam program vaksinasi di Indonesia masih dinamis dan mengikuti proses pengadaan, serat pertimbangan memberikan emergency use authorization (EUA) atau izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

"Pemerintah belum menetapkan harga dari vaksin Covid-19 yang akan digunakan di Indonesia. Informasi yang beredar saat ini tidak dapat dijadikan rujukan dan kami himbau masyarakat untuk menunggu pengumuman resmi pemerintah," ujar Nadia dalam keterangan pers, Jakarta, Minggu (13/12/2020).

Sebelumnya, beredarnya informasi sejumlah rumah sakit mulai membuka pendaftaran vaksin Covid-19 dengan patokan harga sekitar Rp450.000.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2