Jelang Showcase G20, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diuji Coba Hari Ini

Heri Purnomo ยท Kamis, 10 November 2022 - 09:11:00 WIB
Jelang Showcase G20, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diuji Coba Hari Ini
Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) dipastikan diuji coba pada November 2022 bertepatan dengan perhelatan G20. (Foto/Ilustrasi/Dok)

JAKARTA, iNews.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI akan mengadakan uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada hari ini, Kamis (10/11/2022).

Hal itu, disampaikan Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR, pada Rabu (9/11/2022). RDP tersebut juga dihadiri Dirut Kereta Cepat Indonesia China, Dwiyana Slamet Riyadi.

"Mulai besok (Kamis, 10/9/2022), kita akan lakukan uji dynamics test untuk persiapan menjelang G20 showcase pada 16 November 2022," kata Didiek.

Menurut dia, uji coba tersebut tidak dilakukan secara keseluruhan, melainkan hanya sepanjang 16 kilometer. Hal itu, untuk menguji track yang akan dilalui Presiden Joko Widodo, dan Presiden China, Xi Jinping, pada G20 Showcase. 

"Uji coba ini belum dilakukan secara keseluruhan, hanya sekitar 16 kilometer," ujar Didiek. 

Seperti dijadwalkan, Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping akan menyaksikan uji dynamic Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dari Bali secara virtual, pada 16 November 2022. 

Nantinya akan dilakukan percobaan uji dinamis dari Tegalluar sampai Cikopo yang kira kira 20 km yang ditayangkan secara online dan disaksikan oleh Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping dari Bali. 

"Showcase ini ya percobaan tes dynamic untuk di wilayah itu saja (Tegalluar sampai Cikopo) belum menyeluruh. Itu akan di jalankan dari Tegalluar sampai Cikopo," ungkap Didiek.

Menurut dia, perkembangan terbaru proyek KCJB, yakni PLN sudah menyalakan 150 Kv di kawasan Tegalluar, pada 2 November 2022.  

Sementara untuk progres pembangunan fisik KCJB, Didiek mengatakan hingga Oktober 2022 sudah mencapai 79,51 persen. Sementara progres penyerapan investasi mencapai 90,60 persen. 

Editor : Jeanny Aipassa

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda