Jepang Akan Hentikan Impor Minyak Rusia Secara Bertahap

Athika Rahma ยท Rabu, 11 Mei 2022 - 11:01:00 WIB
Jepang Akan Hentikan Impor Minyak Rusia Secara Bertahap
Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Jepang berencana menghentikan impor minyak Rusia, namun dilakukan secara bertahap. Hal itu, untuk mengikuti langkah Barat terutama negara G7 yang sudah lebih dulu menjatuhkan sanksi kepada Rusia.

Mengutip Reuters, Rabu (11/5/2022), Perdana Menteri (PM) Jepang, Fumio Kishida, mengatakan sebelumnya Jepang telah setuju untuk menyetop impor miyak Rusia.

Negara-negara anggota G7 telah memikirkan langkah dan waktu yang teratur untuk memberi tekanan pada negara yang dipimpin Presiden Vladimir Putin itu, terkait invasi Rusia ke Ukraina.

"Untuk negara yang sangat bergantung pada impor, tentu ini keputusan sulit. Namun, koordinasi G7 menjadi yang terpenting saat ini. Kami akan mempertimbangkannya dengan situasi aktual," ujar PM Kishida.

Dia tidak menjelaskan secara rinci terkait langkah lanjutan dari keputusan ini. Namun menurut data Refinitiv, Jepang tidak mengimpor minyak Rusia sejak pertengahan April 2022. 

Pada April 2022, ekspor minyak Rusia mencapai 1,9 juta barel, turun 33 persen secara tahunan (yoy). Sementara pada Maret 2022, Jepang mengimpor 89 juta barel minyak secara total.

Sebelumnya, pemerintah Jepang mengatakan negaranya tidak bisa langsung memutus impor minyak dari Rusia. Hal ini dikarenakan sebanyak 33 juta barel impor minyak Jepang berasal dari Rusia tahun lalu.

Rusia diketahui suplier terbesar ke-5 untuk Jepang dalam hal minyak mentah dan LNG.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda