Jokowi Ajak Australia Kerja Sama Produksi Baterai Listrik

Raka Dwi Novianto ยท Senin, 14 November 2022 - 18:16:00 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi), saat memberikan sambutan di B20 Summit, di Nusa Dua, Bali, Senin (14/11/2022). (Foto: tangkapan layar)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Perdana Menteri (PM) Australia, Anthony Albanese, untuk bekerja sama memproduksi baterai listrik. Ajakan itu, disampaikan Presiden Jokowi dalam sambutannya di B20 Summit Indonesia 2022 Day 2, di Bali, Senin (14/11/2022).

Dalam sambutannya, Jokowi berbicara mengenai pentingnya hilirisasi hingga industrialisasi bagi Indonesia. Penjualan bahan mentah, Jokowi berhentikan agar nilai tambah di dalam negeri meningkat.

"Hilirisasi, industrialisasi bahan-bahan mentah yang kita miliki memang harus kita stop untuk mendapatkan nilai tambah di dalam negeri, baik yang berkaitan dengan pendapatan untuk negara, baik yang berkaitan dengan penciptaan lapangan kerja," kata Jokowi. 

Dia menjelaskan, Indonesia telah memulai hilirisasi industri dari komoditas nikel dalam rangka membangun sebuah ekosistem besar batelai listrik untuk electronic vehicle atau kendaraan listrik

Terkait dengan itu, Jokowi mengajak Australia yang memiliki bahan baku litium untuk bekerja sama memproduksi baterai untuk kendaraan listrik. Dengan Indonesia yang memiliki nikel dan Australia yang memiliki litium dan jarak yang berdekatan, Jokowi menyebut kerja sama kedua negara sangat cocok untuk menghasilkan baterai listrik.

"Saya hanya menawarkan kepada prime minister Anthony Albanese, di Australia ada litium, kita punya nikel kalau digabung sudah jadi baterai mobil listrik," kata Jokowi.

Namun, Jokowi meminta kepada Anthony agar pengerjaannya dapat dilakukan di Indonesia jika kerja sama tersebut benar direalisasikan.

"Tapi saya minta kepada perdana menteri Albanese untuk litiumnya bisa dibawa ke Indonesia saja. Kita bersama-sama melakukan hilirisasi di Indonesia," kata Jokowi.

Editor : Jeanny Aipassa

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda