Jokowi Sebut Ekspor RI Bisa Meningkat Rp488 Triliun setelah Smelter Freeport Rampung

Michelle Natalia · Rabu, 07 September 2022 - 11:44:00 WIB
Jokowi Sebut Ekspor RI Bisa Meningkat Rp488 Triliun setelah Smelter Freeport Rampung
Jokowi menyebut angka ekspor RI bisa meningkat hingga setara Rp448 triliun setelah pembangunan smelter Freeport Indonesia di Gresik rampung. (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut angka ekspor RI bisa meningkat hingga 30 miliar dolar AS atau setara Rp448 triliun setelah pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian mineral (smelter) PT Freeport Indonesia (PTFI) di wilayah Gresik, Jawa Timur rampung.

Jokowi menyampaikan, pembangunan smelter Freeport di Gresik selesai tahun depan dan bisa beroperasi pada tahun 2024. 

"Akan lihat setelah Gresik beroperasi 2024 kelihatannya berapa nilai tambah dari cooper yang sudah lebih dari 50 tahun kita ekspor mentahan, raw material begitu juga bauksit stop kira-kira mungkin akan muncul angka di atas 30 miliar dolar AS. Entah dari nikel, cooper, bauksit saya pastikan itu," ujar Jokowi dalam Sarasehan 100 Ekonom Indonesia 2022 di Jakarta, Rabu (7/9/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menegaskan komitmen seriusnya dalam hilirisasi pertambangan, khususnya dalam meningkatkan nilai tambah ekspor tambang, termasuk konsentrat tembaga milik Freeport Indonesia.

Perusahaan tambang yang beroperasi di Papua itu diketahui memiliki kewajiban membangun smelter. 

"Dulu itu sulit sekali menyuruh Freeport Indonesia untuk membangun smelter di dalam negeri, saya bilang 'kamu (Freeport) buat smelter, kita perpanjang'. Ga bisa juga, ga sambung-sambung. Kita ambil saja akuisisi 51 persen (kepemilikan), setelah dapat baru buat smelter dibikin di Gresik," ucap Jokowi.

Editor : Aditya Pratama

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda