Jokowi Sebut Harta Karun Freeport Indonesia Jumlahnya 20 Kali Lipat dari Saat Ini

Mochamad Rizky Fauzan ยท Jumat, 05 Agustus 2022 - 19:12:00 WIB
Jokowi Sebut Harta Karun Freeport Indonesia Jumlahnya 20 Kali Lipat dari Saat Ini
Presiden Jokowi mengatakan, 'harta karun' tembaga dan emas yang dimiliki Freeport Indonesia jumlahnya bisa lebih dari 20 kali lipat dari yang ada saat ini. (Foto: Raka Dwi Novianto/MPI)

JAKARTA, iNews.id - Tambang PT Freeport Indonesia di Papua diketahui sebagai salah satu tambang emas terbesar di dunia. Diperkirakan cadangan emas Grasberg, bagian dari Freeport, mencapai 106,2 juta ons.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, 'harta karun' tembaga dan emas yang dimiliki Freeport Indonesia jumlahnya bisa lebih dari 20 kali lipat dari yang ada saat ini.

Jokowi teringat dengan kisah pemerintah Indonesia dan PT Freeport Indonesia beberapa tahun lalu. Pada saat itu, Freeport Indonesia kerap tidak patuh terhadap permintaan pemerintah yang dengan terang-terangan meminta mereka membangun fasilitas pemurnian (smelter).

"Dulu Freeport bertahun-tahun perintah untuk bikin smelter saja tidak pernah didengerin. Tapi begitu Freeport 51 persen milik BUMN, tahun lalu smelter saya perintah untuk dibangun karena mayoritas milik kita sudah dibangun di Gresik, nanti kita lihat tembaga smeltering ini berapa," ujar Jokowi dalam sambutannya di Silatnas dan Ulang Tahun ke-19 Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) di Sentul Convention Center, Bogor, Jumat (5/8/2022).

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda