Jokowi Sebut Harta Karun Freeport Indonesia Jumlahnya 20 Kali Lipat dari Saat Ini

Mochamad Rizky Fauzan ยท Jumat, 05 Agustus 2022 - 19:12:00 WIB
Jokowi Sebut Harta Karun Freeport Indonesia Jumlahnya 20 Kali Lipat dari Saat Ini
Presiden Jokowi mengatakan, 'harta karun' tembaga dan emas yang dimiliki Freeport Indonesia jumlahnya bisa lebih dari 20 kali lipat dari yang ada saat ini. (Foto: Raka Dwi Novianto/MPI)

Jokowi pun meyakini 'harta karun' yang dimiliki Freeport Indonesia jauh lebih besar daripada yang dimiliki saat ini. Potensi tersebut dapat dimanfaatkan di dalam negeri, sehingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan yang sebesar-besarnya bagi masyarakat.

"Saya meyakini bisa 20 kali, kadang tidak saja bahan mentah bukan tembaga, tapi emas juga kita kirim. Mana kita tahu? Nanti smelternya jadi emasnya mungkin lebih banyak dari tembaganya tapi kita belum tahu karena ada produksi di smelter," kata dia.

Seperti diketahui, BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, induk Freeport Indonesia, mengungkap bahwa cadangan (proven+probable) untuk emas Freeport Indonesia secara keseluruhan 29,08 juta troy ons. Artinya, emas yang sudah dikeduk oleh Freeport sejak pertama kali menambang tahun 1970 bisa dibilang sebanyak itu. 

Jumlah itu masuk akal, sebab berdasarkan data Freeport Indonesia yang diungkap tahun lalu, pada periode 2011 hingga 2021 atau satu dekade, sekitar 14 juta ton emas dihasilkan dari tambang Gressberg Freeport.

Editor : Aditya Pratama

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda