KA Bogor-Sukabumi Bakal Beroperasi Kembali Pekan Ini

azhfar muhammad · Senin, 04 April 2022 - 08:57:00 WIB
KA Bogor-Sukabumi Bakal Beroperasi Kembali Pekan Ini
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat melakukan inspeksi uji coba pengoperasian jalur ganda KA Bogor (Stasiun Paledang) - Stasiun Cicurug, Kabupaten Sukabumi pada, Minggu (3/4/2022). (Foto: BKIP Kemenhub)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut bahwa pelayanan kereta api (KA) Bogor-Sukabumi ditargetkan beroperasi kembali pekan ini. Hal ini disampaikannya saat melakukan inspeksi uji coba pengoperasian jalur ganda KA Bogor (Stasiun Paledang) - Stasiun Cicurug, Kabupaten Sukabumi pada, Minggu (3/4/2022).

“Kereta api lintas Bogor – Sukabumi adalah satu perjalanan yang penuh histori dan secara ekonomis banyak melayani pergerakan masyarakat maupun barang. Oleh karenanya, kami membangun jalur ganda dan melakukan sejumlah rekayasa guna mengurangi ketinggian jalur kereta, agar kapasitas bertambah dan kecepatannya meningkat,” ujar Budi Karya dalam keterangan resmi dikutip, Senin (4/42022). 

Budi Karya menambahkan, setelah membangun jalur ganda, pihaknya akan membangun atau merevitalitasi stasiun-stasiun yang melayani lintas Bogor-Sukabumi dengan konsep heritage. Hal ini bertujuan agar menjadi daya tarik wisata bagi masyarakat di Jakarta, Bogor, Sukabumi, dan sekitarnya. 

“Di kawasan Cicurug ini sejarahnya dulu adalah pusatnya para seniman. Jadi kami ingin mengembangkan stasiun ini sekaligus akan mewadahi karya-karya para seniman seperti lukisan di kayu jati, dan lain sebagainya,” kata dia.

Sementara itu, Walikota Bogor Bima Arya menuturkan, masyarakat Bogor, Sukabumi dan sekitarnya menyambut baik kehadiran kembali pelayanan KA Bogor-Sukabumi.

“Karena banyak pertalian keluarga antara daerah Bogor dengan Sukabumi, juga aktivitas perkantoran dan perdagangan yang terhubung,” ucapnya.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda