Kembangkan Bisnis ke Pasar Internasional, BHIT Resmi Ganti Nama Jadi PT MNC Asia Holding Tbk

MNC Media ยท Rabu, 24 Agustus 2022 - 17:07:00 WIB
Kembangkan Bisnis ke Pasar Internasional, BHIT Resmi Ganti Nama Jadi PT MNC Asia Holding Tbk
PT MNC Investama Tbk telah mendapatkan persetujuan dari Kemenkumham untuk secara resmi berganti nama menjadi PT MNC Asia Holding Tbk (BHIT). (Foto: Dok. iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - PT MNC Investama Tbk telah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia untuk secara resmi berganti nama, menjadi PT MNC Asia Holding Tbk (BHIT).

Rencana perubahan nama Perseroan pertama diumumkan pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) 2022, karena dianggap perlu untuk menyesuaikan dengan bidang usaha Perseroan serta mencerminkan perkembangan MNC Asia Holding yang saat ini telah bertransformasi menjadi perusahaan multinasional.

BHIT adalah konglomerasi perusahaan yang didirikan pada tahun 1989 oleh Executive Chairman, Hary Tanoesoedibjo, yang memiliki anak perusahaan yang masing-masing telah menjadi pemimpin di sektor media, jasa keuangan, entertainment hospitality, dan energi.

Media

MNC Media melalui 4 TV Nasional Free To Air, yaitu RCTI, MNCTV, GTV, dan iNews yang dimiliki PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN), berhasil mencetak rekor tertinggi pangsa pemirsa kolektif sebesar 52,2 persen di slot Prime-Time dan 44,8 persen di slot All-Time. Kedua pencapaian tersebut menduduki posisi tertinggi di antara semua grup TV FTA di Indonesia.

Saat ini, MNC Media fokus untuk meningkatkan inisiatif digitalnya agar dapat melayani masyarakat dengan lebih baik dan memperkuat posisinya sebagai grup media yang paling terintegrasi di Asia Tenggara. Perseroan mengkonsolidasikan semua aset digital MNC Media di bawah PT MNC Digital Entertainment Tbk (MSIN). MSIN menjadi entitas terdepan pada bisnis hiburan digital unggulan dan membentuk dasar digital yang kokoh bagi MNC Asia Holding dalam memenuhi kebutuhan inovasi yang agile dan berbasis data.

MSIN berencana akan merilis game kompetitif First-Person Shooter (FPS) dan Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) yang bernama Rapid Fire dan Fight of Legends pada semester kedua 2022.

Selain itu, MSIN mengoperasikan 7 portal online dengan lebih dari 87 juta pengguna aktif bulanan, serta merupakan mitra resmi Youtube, Facebook, dan Tiktok, menghasilkan sekitar 1,5-2 miliar views setiap bulannya.

MSIN juga menempatkan investasi strategis di TREBEL Music, layanan musik digital dengan pertumbuhan tercepat di Amerika Latin dan merupakan layanan musik berlisensi pertama yang menghadirkan pemutaran lagu sesuai permintaan dan offline tanpa biaya kepada pengguna.

Bisnis unit media lainnya, seperti PT MNC Vision Networks Tbk (IPTV), juga memiliki investasi strategis di perusahaan internasional seperti Migo, platform video on-demand yang memungkinkan pengguna di Indonesia untuk mengunduh konten dari toko-toko di lingkungan sekitar yang secara lokal dikenal sebagai "warung". Melalui Migo, IPTV akan mampu mempercepat digitalisasi pemirsa FTA terutama di luar kota-kota besar, yang memiliki isu dengan konektivitas dan biaya data.

Jasa Keuangan

Dalam sektor jasa keuangan, Perseroan telah dengan cepat memperluas portofolio layanan keuangannya dalam industri fintech melalui PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP), melayani populasi digital native yang terus berkembang dan meningkatkan aksesibilitas bagi underbanked.

BCAP mendirikan Motion Digital, suatu ekosistem digital yang menyediakan layanan berbasis transaksi dan mengintegrasikan:

  • MotionBanking dari MNC Bank (BABP), aplikasi perbankan digital.
  • MotionTrade dari MNC Sekuritas, aplikasi online trading dan reksa dana.
  • Aplikasi e-money, e-wallet, transfer digital, dan poin loyalitas bernama MotionPay; dan Payment Gateway dengan brand Flash Mobile, keduanya dari MNC Teknologi Nusantara.

Anak perusahaan BCAP juga baru-baru ini meluncurkan MotionCredit, sebuah aplikasi pembiayaan digital yang lebih mudah diakses oleh pasar ritel. MotionCredit menyediakan pembiayaan mobil, rumah, dan haji, serta sedang mengembangkan buy-now-pay-later (BNPL), untuk memperluas jangkauan MNC Leasing dan MNC Finance ke pasar yang lebih luas.

Untuk menjangkau pasar underinsured yang besar di Indonesia, di mana penetrasi asuransi masih dapat dimaksimalkan, BCAP mengembangkan aplikasi asuransi jiwa bernama MotionLife untuk menawarkan solusi hidup, kesehatan, dan kebugaran secara menyeluruh.

Selain itu, BCAP juga sedang mengembangkan aplikasi asuransi umum, aplikasi pialang asuransi untuk membeli paket asuransi yang dipersonalisasi dari berbagai penyedia untuk menawarkan opsi yang lebih terjangkau, aplikasi securities crowdfunding, serta aplikasi perdagangan aset digital kripto.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda