Kemenag: Ada 4.800 Jemaah Umrah RI di Arab Saudi

Muhammad Aulia ยท Minggu, 08 Maret 2020 - 16:02 WIB
Kemenag: Ada 4.800 Jemaah Umrah RI di Arab Saudi

Tampak dari jauh area kosong yang mengelilingi Ka'bah, di dalam Masjidil Haram. Kawasan itu tampak kosong dari para jamaah. (FOTO: ABDEL GHANI BASHIR / AFP)

JAKARTA, iNews.id - Arab Saudi menghentikan sementara jemaah umrah dari luar negeri untuk mencegah merebaknya virus korona. Saat ini, ada ribuan jemaah umrah asal Indonesia yang masih berada di Tanah Suci.

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama (Kemenag) Arfi Hatim menyebut ribuan jemaah umrah RI masih menjalankan proses ibadah umrah secara normal.

"Sampai 8 Maret, jemaah kita di sana yang melaksnakan ibadah ziarah seperti biasa kurang lebih 4.800 (jemaah)," ujar Arfi di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Minggu (8/3/2020).

Arfi menyatakan seluruh jemaah umrah tersebut akan pulang dari Arab Saudi pada 15 Maret 2020. Dia memastikan maskapai telah berkomitmen untuk menjemput jemaah dengan penerbangan kosong ke Arab Saudi.

"Maskapai berkomitmen jemput jemaah kita dipulangkan ke Tanah Air. Pesawat tersebut ke Jeddah, Madinah dalam kondisi kosong," katanya.

Selain itu, Arfi mengakui sempat ada 1.685 jemaah umrah asal Indonesia yang tertahan di negara transit dan tidak bisa melanjutkan penerbangan ke Tanah Suci. Mengenai hal itu, dia menegaskan seluruh jemaah tersebut telah kembali ke Indonesia.

"Alhamdulillah semua jemaah tersebut per 4 Maret semuanya sudah kembali ke Tanah Air," ucapnya.

Editor : Rahmat Fiansyah