Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Teknologi Digital Berkembang Pesat, Tren Belanja Online di Indonesia Tumbuh
Advertisement . Scroll to see content

Kemendag Terima 7.464 Pengaduan Konsumen di Tahun 2022, 93 Persen Soal e-Commerce

Kamis, 12 Januari 2023 - 09:19:00 WIB
Kemendag Terima 7.464 Pengaduan Konsumen di Tahun 2022, 93 Persen Soal e-Commerce
Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Dirjen PKTN) Kementerian Perdagangan, Veri Anggrijono. (Foto: dok Kemendag)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Ditjen PKTN) Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan telah melayani 7.464 pengaduan konsumen selama 2022. 

Direktur Jenderal (Dirjen) PKTN kemendag, Veri Anggrijono, mengungkapkan sektor perdagangan elektronik atau e-Commerce mendominasi pengaduan konsumen tahun 2022, yakni sekitar 93 persen. 

"Pengaduan mengenai transaksi perdagangan elektronik (e-Commerce) sebanyak 6.911 laporan atau 93 persen dari total pengaduan konsumen di tahun 2022," kata Veri, dalam  keterangan tertulisnya, Kamis (12/1/2023).

Menurut dia, ada 7 jenis pengaduan konsumen terkait transaksi e-commerce, yaitu:
1. Permasalahan pengembalian dana (refund)
2. Pembelian barang yang tidak sesuai dengan perjanjian atau rusak
3. Barang tidak diterima konsumen
4. Pembatalan sepihak pelaku usaha
5. Waktu kedatangan barang yang tidak sesuai dengan yang dijanjikan
6. Penipuan
7. Penggunaan aplikasi media sosial yang tidak berfungsi.

Selain e-commerce, lanjutnya, pengaduan konsumen terbesar lainnya adalah sektor transportasi dan sektor jasa keuangan. Pada sektor jasa transportasi, pengaduan tentang pembelian secara daring tiket pesawat dan kereta api cukup mendominasi.

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut