Kementerian ESDM Sebut Vivo Belum Ajukan Izin Jual BBM Sejenis Pertalite

Mochamad Rizky Fauzan ยท Jumat, 14 Oktober 2022 - 16:54:00 WIB
Kementerian ESDM Sebut Vivo Belum Ajukan Izin Jual BBM Sejenis Pertalite
SPBU Vivo. (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan PT Vivo Energy Indonesia belum mengajukan izin terkait rencana penjualan bahan bakar minyak (BBM) RON 90 sejenis Pertalite

Seperti diberitakan sebelumnya, Vivo Energy berencana menjual BBM dengan nilai oktan RON 90 yang sejenis Pertalite.  Hal itu terlihat dari totem SPBU VIVO yang telah mencantumkan nama Revvo 90 tapi belum menampilkan harganya.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji, mengatakan tidak mengetahui rencana Vivo Energi untuk menjual BBM Revvo 90. Sejauh ini, lanjutnya, Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM hanya melayani terkait soal pengajuan kualitas dari Vivo Energy dan perusahaan lainnya.

Dia mengungkan, tak tahu tetang pengajuan izin Vivo Energy untuk menjual BBM Revvo 90. "Saya nggak tahu, nggak saya itu. Kita ini ke pengajuan-pengajuan kualitas," kata Tutuka di Kementerian ESDM, di Jakarta, Jumat (14/10/2022).

Terkait soal izin penjualan varian baru BBM Revvo 90, lanjutnya, Dirjen Migas Kementerian PUPR akan melakukan pengecekan atau klarifikasi dengan pihak Vivo Energy. "Belum ada. Saya nanti cek dulu," ungkap Tutuka.

Seperti diketahui, pemerintah telah memutuskan untuk menghapus penjualan BBM beroktan rendah pada 31 Desember 2022. Dengan demikian mulai 1 Januari 2023 BBM dengan oktan di bawah 90 dilarang dipasarkan. Hal ini menyusul tidak berlakunya Surat Keputusan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (SK DJM) Nomor 933.K/10/DJM.S/2013 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin 88 yang Dipasarkan di Dalam Negeri mulai 1 Januari 2023.

"Kan sudah ada aturannya keluar. Kan akhir tahun ini yang Premium sudah enggak ada. Aturan itu berlaku, artinya ke sana," ujar Tutuka.

Sebagaimana diketahui, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) turut memastikan harga jual bahan bakar minyak (BBM) jenis bensin dengan nilai oktan (RON) 90 milik PT Vivo Energy Indonesia bakal sepenuhnya mengikuti harga pasar.

Meski produk BBM RON 90 milik Vivo disebut-sebut setara dengan Pertalite milik PT Pertamina (Persero), tapi BPH Migas memastikan BBM RON 90 yang dijual Vivo tidak akan mendapatkan subsidi dari pemerintah.

"Kalau Vivo mau jual RON 90 boleh, tapi bukan Jenis BBM Khusus Penugasan atau JBKP, jatuhnya adalah Jenis BBM Umum (JBU),” kata Anggota Komisi BPH Migas, Saleh Abdurrahman.

Editor : Jeanny Aipassa

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda