Kementerian PUPR Butuh Rp22,5 Triliun untuk Bereskan 150 Titik Perlintasan Sebidang KA

Iqbal Dwi Purnama ยท Kamis, 15 September 2022 - 16:28:00 WIB
Kementerian PUPR Butuh Rp22,5 Triliun untuk Bereskan 150 Titik Perlintasan Sebidang KA
Kementerian PUPR bakal membereskan 150 titik pada perlintasan sebidang KA dengan membangun flyover atau underpass. (Foto: Ilustrasi/Dok. Kementerian PUPR)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pekejaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga bakal membereskan 150 titik pada perlintasan sebidang kereta api (KA) dengan membangun flyover atau underpass. Perkiraan kebutuhan anggaran untuk pembangunan sebesar Rp22,5 triliun, dengan asumsi Rp150 miliar per flyover atau underpass

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian mengatakan, saat ini setidaknya perlintasan sebidang jalur kereta yang berada di jalan nasional sudah tertangani sebanyak 49 titik dari total 199 titik, sedangkan 150 sisanya belum tertangani.

"Total perlintasan sebidang jalur kereta dengan jalan nasional yang belum tertangani sebanyak 150 titik. Apabila kita estimasikan biaya satu underpass atau flyover di jalan nasional sebesar Rp150 miliar kita perkirakan kebutuhan biayanya Rp22,50 triliun," ujar Hedy dalam keterangan tertulis, Kamis (15/9/2022).

Hedy menambahkan, tantangan utama dalam penanganan perlintasan sebidang rel kereta dengan jalan melalui pembangunan flyover atau underpass membutuhkan biaya yang besar, termasuk pembebasan lahan. 

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda