Keren! Pemuda Ini Bikin Perusahaannya Bernilai Rp89 Triliun dalam Waktu 6 Bulan

Suparjo Ramalan · Selasa, 23 November 2021 - 06:43:00 WIB
 Keren! Pemuda Ini Bikin Perusahaannya Bernilai Rp89 Triliun dalam Waktu 6 Bulan
CEO Personio Hanno Renner bikin perusahaannya bernilai Rp89 triliun dalam waktu 6 bulan. Foto: IG Personio

MUNICH, iNews.id - Hanya dalam waktu enam bulan, perusahaan perangkat lunak Personio menjadi salah satu perusahaan rintisan (startup) paling berharga di Eropa, dengan nilai mencapai 6,3 miliar dolar AS atau sekitar Rp89,7 triliun. 

CEO Personio Hanno Renner menceritakan bagaimana startup tersebut pernah hanya memiliki sisa uang 226 dolar AS atau Rp3 juta di rekening bank perusahaan sebelum mendapatkan pendanaan pertamanya. 

Pemuda 31 tahun ini mendirikan Personio di Munich, Jerman pada 2015 bersama Roman Schumacher, Arseniy Vershinin, dan Ignaz Forstmeier. Mereka bertemu saat kuliah di Center for Digital Technology and Management, lembaga gabungan dari dua perguruan tinggi utama di Munich. 

Adapun ide Personio yang fokus melayani usaha kecil dan menengah (UMKM) berawal dari mendengar keluhan seorang teman yang berjuang mengelola proses sumber daya manusia (SDM) di perusahaan tempatnya bekerja sebagai Kepala Teknologi karena tidak memiliki perangkat lunak yang dibutuhkan.

Keempat pemuda itu pun mulai menciptakan solusi. Sebagai mahasiswa, mereka tidak memiliki kantor, sehingga bekerja di ruangan mana pun di perguruan tinggi tempatnya kuliah untuk membangun produk perangkat lunak pertama Personio. Mereka mengumpulkan semua tabungan yang dimiliki untuk membiayai proyek perdana.

Begitu mereka mendapatkan pelanggan yang membayar untuk menggunakan perangkat lunak pertamanya, mereka menggunakan penghasilan tersebut untuk membeli lisensi perangkat lunak, menyewa ruang kantor berukuran kecil, dan mempekerjakan beberapa karyawan.

Kemudian pada Juli 2016, Personio mengumpulkan 2,1 juta euro dalam pendanaan awal, dengan investor seperti Global Founders Capital, yang telah mendukung LinkedIn dan Facebook.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: