Kilang Pertamina Balikpapan Ajak Jurnalis Kaltim Upskilling Media Komunikasi Visual
KPB, lanjut Fadjar, terus mengakselerasi penyelesaian proyek RDMP Balikpapan dan Lawe-Lawe di mana beberapa milestone penting telah terselesaikan.
“Kami mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh KPB, dengan kegiatan ini strategi komunikasi kita dari Pertamina grup dapat tersampaikan, khususnya KPB dengan rekan-rekan jurnalis," tuturnya.
Visual merupakan elemen penting dalam pemberitaan. Maka dari itu, selain membahas strategi komunikasi, KPB juga menghadirkan Dudi Sugandi, fotografer dan researcher media sebagai pemateri selanjutnya. Dia memaparkan bagaimana mengoptimalkan visual dalam pemberitaan yaitu peran fotografi dalam komunikasi media.
"Dalam membuat konten publikasi, terapkan metode FUN (Focus, Unpredictable dan Narrative). Focus dengan berikan penjelasan yang jelas, apa yang akan diceritakan point of interest dan bagaimana membuat visualnya. Unpredictable dengan memberikan sesuatu yang berbeda, ada elemen kejutan, baik karena momennya, keunikannya atau hal lain yang membuat beda. Terakhir Narrative dengan memberikan pesan atau cerita yang disampaikan, baik yang tersirat maupun yang tersurat," ucapnya.
Senada, Direktur Keuangan dan Penunjang Bisnis KPB Nailul Achmar menegaskan pentingnya hubungan perusahaan dengan media.
"Pentig bagi perusahaan, karena peran jurnalis dalam menyampaikan informasi tentang perusahaan sangat berarti. Publik mengakses informasi sepanjang hari, dan media memainkan peran kunci dalam hal ini," ujarnya.
Editor: Aditya Pratama