Kisah Li Xiting, Konglomerat Singapura yang Hartanya Naik di Tengah Pandemi

Cahya Puteri Abdi Rabbi ยท Selasa, 30 Agustus 2022 - 14:18:00 WIB
Kisah Li Xiting, Konglomerat Singapura yang Hartanya Naik di Tengah Pandemi
Konglomerat Singapura, Li Xiting dinobatkan menjadi salah satu orang terkaya versi Forbes di tengah pandemi dengan kekayaan mencapai Rp304,57 triliun. (Foto: Forbes)

SINGAPURA, iNews.id - Pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh dunia membuat kegiatan ekonomi setiap negara terganggu. Banyak bisnis-bisnis yang gulung tikar karena tidak adanya aktivitas masyarakat.

Berbeda dengan kondisi orang kebanyakan, konglomerat asal Singapura, Li Xiting justru dinobatkan menjadi salah satu orang terkaya versi Forbes pada tahun lalu, di mana pada November 2021 kekayaan Li Xiting tercatat mencapai 20,5 miliar dolar AS atau setara Rp304,57 triliun. Saat ini harta kekayaan Li tercatat sebesar 15,4 miliar dolar AS atau setara Rp228,80 triliun.

Kekayaan tersebut diraih berkat saham perusahaan perangkat medis berteknologi tinggi miliknya yakni Shenzhen Mindray Bio-Medical Electronics, yang melejit berkat tingginya permintaan ventilator. Li mendirikan perusahaan tersebut bersama dua kawannya yakni, Xu Hang dan Cheng Minghe.

Berkat tingginya permintaan, kekayaan Li terus bertambah sebesar 1 miliar dolar AS setiap bulan selama pandemi Covid-19. Kekayaannya bahkan sempat menyentuh 22 miliar dolar AS pada April 2021. 

Pria kelahiran Dangshan County, China pada 1951 ini memulai karirnya dengan bekerja sebagai peneliti yang membantu sarjana di institut di Wuhan pada 1976 hingga 1987. Selain itu, ia juga sempat menjadi dosen tamu di Universitas Paris, Prancis, pada awal 1980.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda