Kisah Pendiri TikTok, Berulang Kali Gagal hingga Jadi Miliarder

Cahya Puteri Abdi Rabbi · Senin, 21 November 2022 - 14:36:00 WIB
Kisah Pendiri TikTok, Berulang Kali Gagal hingga Jadi Miliarder
Kisah pendiri Tiktok, Zhang Yiming berulang kali gagal hingga jadi miliarder. (Foto: Okezone)

SHANGHAI, iNews.id - Kisah pendiri TikTok, berulang kali gagal hingga jadi miliarder. Siapa yang saat ini tak kenal aplikasi berbagi video, TikTok? Aplikasi tersebut masih viral dan menjadi platform teranyar yang digunakan masyarakat saat ini.

Melalui perusahaannya, ByteDance, Zhang Yiming mendirikan Aplikasi TikTok di China pada September 2016. Kini, TikTok menjadi aplikasi yang booming dan telah mencapai lebih dari 500 juta unduhan.

Zhang Yiming lahir pada April 1983 di kota Longyan, China Selatan. Zhang kuliah dan lulus dari Universitas Nankai pada 2005. Dia belajar mikroelektronika sebelum beralih jurusan ke rekayasa perangkat lunak.

Setelah lulus, pekerjaan pertama yang digelutinya menjadi karyawan di situs web wisata China Kuxun. Dia kemudian bergabung dengan Microsoft pada 2008, namun pekerjaan di sana tidak sesuai dengan prinsipnya, Zhang merasa bosan, sehingga dia sering bekerja hanya setengah hari.

Setelah meninggalkan Micorosoft, dia membangun startup-nya sendiri yang diberi nama Fanfou. Namun, tak lama kemudian perusahaan rintisannya itu gulung tikar.

Tak patah semangat, dia kembali membangun bisnis dengan menciptakan 99fang.com, sebuah bisnis pencarian real estat. Sama seperti sebelumnya, bisnisnya pun tutup setelah tiga tahun berjalan.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda