Kisah Pengusaha Sukses karena Rajin Bersedekah, dari Utang Miliaran Jadi Punya Aset Triliunan

Heri Purnomo ยท Jumat, 07 Oktober 2022 - 06:39:00 WIB
Kisah Pengusaha Sukses karena Rajin Bersedekah, dari Utang Miliaran Jadi Punya Aset Triliunan
Kisah pengusaha sukses karena rajin bersedekah, dari utang miliaran jadi punya aset triliunan. Foto: IG Heppy Trenggono

JAKARTA, iNews.id - Kisah pengusaha sukses karena rajin bersedekah sangat menarik untuk disimak. Salah satu pengusaha sukses yang rajin bersedekah ini adalah Heppy Trenggono

Heppy adalah founder dan CEO United Balimuda Group. Dia juga Presiden Indonesian Islamic Business Forum (IIBF) dan penggagas Gerakan Beli Indonesia. 

Bagaimana kisah pengusaha sukses karena rajin bersedekah Heppt Trenggono? Ikuti penjelasannya yuk, yang dikutip dari berbagai sumber!

Kisah Pengusaha Sukses karena Rajin Bersedekah

Heppy Trenggono lahir di Batang, Jawa Tengah pada 20 April 1967 dari ayah yang bekerja sebagai PNS di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta ibu yang berprofesi sebagai pedagang warung kelontong. Dari ibunya, dia telah mengenal dunia bisnis sejak kecil. Bahkan dia juga pernah jualan permen saat masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). 

Setelah menyelesaikan pendidikan Strata 1 di jurusan Teknik Informatika Universitas Gunadarman, Heppy bekerja di perusahaan United Tractor sebagai system analist sejak 1989 hiingga 1995. Dia juga sempat bekerja di Indomobil sebagai Asisten Manager selama 4 tahun hingga 1999. Kemudian, dia pindah ke Stasiun Televisi LaTivi sebagai direktur teknik selama 5 tahun.

Saat masih bekerja di stastiun televisi itu, Heppy mencoba untuk menjadi pengusaha dengan mendirikan PT Balimuda Persada pada 2022. Perusahaan tersebut bergerak di bidang alat-alat berat.

Dia pun melakukan banyak ekspansi dengan mengajukan pinjaman ke bank untuk mendukung rencana bisnisnya. Namun, Heppy mulai mengalami masa sulit pada 2007 hingga colapse karena banyaknya ekspansi yang dilakukan dan pembayaran dari klien yang macet hingga harus berutang Rp62 miliar. 

Dari keterpurukan itu, dia mencoba bangkit kembali dengan mengubah arah bisnis perusahaan. Dari bergerak di bidang kontraktor kelapa sawit bertransformasi menjadi broker untuk perusahaan-perusahaan yang ingin terjun di bisnis kelapa sawit.

Dengan perubahan bisnis tersebut, perusahannya mulai menunjukkan kinerja positif dan dapat memiliki kebun kelapa sawit. Dalam tempo tiga tahun, utang tersebut dapat dilunasinya. Selanjutnya, dia kembali mulai melebarkan sayapnya ke bisnis alat berat dan industri makanan dengan mendirikan perusahaan bernama Heppyfoods.

Aset perusahaan sekarang mencapai triliunan rupiah dan tidak punya utang. Di bawah PT United Balimuda, ada lebih dari 10 anak perusahaan yang di antaranya bergerak di bidang perkebunan, consumer goods dan alat berat.

Sebagai seorang pengusaha, dia dikenal sebagai sosok yang rajin bersedekah. Bahkan, sampai sekarang, dia masih sering memberikan sarapan kepada para masyarakat tidak mampu atau fakir miskin. Dia meyakini berbagi dengan sesama akan membawa manfaat yang baik untuknya.

"Ada satu hadist Rasulullah yang mengatakan, jika kamu melakukan keburukan maka tutupi keburukan itu dengan kebaikan sebanyak-banyaknya karena kebaikan ini menjadi semacam insurance. Sama seperti orang bersedekah, orang yang bersedekah tidak akan miskin," katanya, dikutip dari YouTube Business Inspiration TV.

"Menurut saya, sedekah menjadi salah satu mentalitas, salah satu karakter, salah satu cara bermain yang harus dimiliki oleh semua pengusaha," imbuhnya.

Bahkan, perusahaan miliknya pun menerapkan prinsip Inspiring and Giving the World. Heppy juga selalu memberikan motivasi dan teladan kepada para karyawannya. 

Demikian kisah pengusaha sukses karena rajin bersedekah, Heppy Trenggono. Semoga menginspirasi Anda. 

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda