Kisah Sukses Ahmad Dhani, dari Jualan Dimsum di Gerobak Jadi Supplier Hotel-Restoran

Iqbal Dwi Purnama ยท Sabtu, 26 November 2022 - 18:31:00 WIB
Kisah Sukses Ahmad Dhani, dari Jualan Dimsum di Gerobak Jadi Supplier Hotel-Restoran
Kisah sukses Ahmad Dhani, dari jualan dimsum di gerobak jadi supplier hotel-restoran. Foto: YouTube Jaga Lilin

JAKARTA, iNews.id - Pria asal Depok, Jawa Barat bernama Ahmad Dhani sukses dari berjualan dimsum. Bisnis dimsumnya dinamai Dimsum Haji Dhani.

Sebelum terjun ke bisnis dimsum, pemuda 38 tahun ini adalah wartawan di media nasional. Keinginannya menjadi pengusaha datang pada 2014 lalu, karena tertarik melihat mereka bisa mengatur hidup, pengeluaran dan pendapatannya sendiri. 

Hingga suatu hari, saat masih menjadi jurnalis, dia berbincang dengan salah satu pedagang di kantin kantornya ketika makan siang. Dari perbincangan itu, dia disarankan untuk bisnis dimsum yang kala itu masih belum familiar di masyarakat. Bahkan, dia diperkenalkan dengan chef di Pondok Indah, kemudian dia pun belajar membuatnya. 

"EWaktu itu dimsum belum familiar jadi peluang usaha bagi saya dan orang lain dan terbukti jadi tren di masyarakat sekarang," kata dia, dikutip dari YouTube Jaga Lilin, Sabtu (26/11/2022).  

Inspirasi tersebut melahirkan tekad kuat Dhani untuk mengembangkan dan fokus pada usahanya. Bahkan Dhani pun memutuskan untuk mengundurkan diri dari kantornya dan fokus berbisnis.

"Saya mengawali usaha mulai ikut bazar, belum ada pandemi itu banyak bazar, kemudiam saya masuk ke pameran, akhirnya saya membuka jualan gerobakan, di sini saya mulai menemui model bisnis," ujarnya.

Dia yang membuka bisnis dimsum pada 2016 menggunakan gerobak tersebut, awalnya hanya mampu menjual 10 porsi dimsum per hari. Namun seiring waktu, jualannya tambah laris bisa sampai 50 porsi ler hari. Bahkan jika ramai bisa habis 100 porsi. 

Bahkan pada 2017, produk dimsum Dhani mampu merambah market yang lebih besar dengan menjadi supplier restauran, hotel dan produk frozen food. Dimsum buatannya banyak diminati karena mengantongi sertifikat dari BPOM.

Meski berhasil menjalankan usahanya, namun saat Covid-19 melanda, bisnisnya pun ikut terdampak. Namun, dia tetap bertahan. 

"Kita jangan pernah mudah mengeluh, meski keadaan sulit, kita harus bertahan karena setiap kesulitan, ada kemudahan," ujar Dhani.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda