Kisah Sukses James Prananto Membawa Kopi Kenangan Jadi Unicorn F&B Pertama di Asia Tenggara
Dua tahun berdiri, lebih dari 60 gerai sudah dimiliki. Dan pada laman Instagram-nya masih terus diinformasikan gerai baru yang akan dibuka.
Nama ‘kenangan’ sendiri patut diakui membuat banyak orang penasaran. Belum lagi menu-menu, seperti Kopi Kenangan Mantan, Kopi Kenangan Masa Lalu, yang membuat banyak orang merasa terwakili dan terhubung.
Akhirnya orang bukan saja penasaran, melainkan tergerak untuk menyebarkan cerita tentang kedai kopi yang dianggap unik ini.
Bukan hanya itu, pada Desember 2021 warung kopi itu juga mendapatkan suntikan dana sebesar 96 juta dolar AS atau Rp1,37 triliun dan menjadikannya sebagai new retail F&B berstatus unicorn pertama di Asia Tenggara.
Dia juga berencana untuk membuka toko Kopi Kenangan di Asia Tenggara seperti Malaysia, Thailand, dan yang lainnya. Menurut lembaga riset Nielsen Company, saat ini Kopi Kenangan jadi merek nomor satu di benak konsumen untuk kategori kopi susu. Serta kedua terbesar setelah jaringan bisnis kopi multinasional.
Kisah sukses James Prananto ini membuatnya berhasil masuk daftar 30 under 30 Asia retail & e-commerce versi Forbes Tahun 2019.
Editor: Jeanny Aipassa