Kisah Sukses Pendiri Samsung, dari Pedagang Sayur hingga Jadi Raja Gadget

Cahya Puteri Abdi Rabbi ยท Rabu, 05 Oktober 2022 - 14:27:00 WIB
Kisah Sukses Pendiri Samsung, dari Pedagang Sayur hingga Jadi Raja Gadget
Kisah sukses pendiri Samsung, Lee Byung Chul berawal dari mendirikan perusahaan yang menjual sayuran, buah, dan ikan kering hingga jadi raja gadget. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Kisah sukses pendiri Samsung menarik untuk diulas. Seperti diketahui, saat ini Samsung telah menjadi salah satu merek terkenal, khususnya pada bisnis smartphone

Siapa sangka, perusahaan teknologi terbesar asal Korea Selatan ini ternyata berawal dari perusahaan yang menjual sayuran, buah, dan ikan kering. Samsung didirikan oleh Lee Byung Chul pada 1938.

Samsung didirikan sebagai perusahaan yang bergerak di bidang ekspor sayur mayur. Perusahaan tersebut menjual ikan kering, sayuran, dan buah-buahan ke China di tengah penjajahan kekaisaran Jepang. Pada awal berdirinya, Samsung hanya memiliki empat orang karyawan.

Kisah sukses pendiri Samsung, Lee Byung Chul berasal dari keluarga kaya pemilik tanah di Korea. Dia juga sempat mengenyam pendidikan perkuliahan di Universitas Wesda Tokyo meskipun tidak sampai lulus.

Dia mendirikan Samsung yang berarti ‘bintang tiga’ dengan modal 30.000 won. Sesuai dengan namanya, Lee menginginkan perusahaan rintisannya menjadi perusahaan besar dan bersinar seperti bintang di angkasa.

Pada masa Perang Dunia II, Lee Byung Chul belajar mengenai pasar dan cara memanfaatkan peluang bisnis. Dia memperhatikan dengan cermat bagaimana konglomerat Jepang, yang kerap disebut sebagai zaibatsu, menjalankan dan mengorganisasi perusahaan-perusahaan mereka di Korea. 

Dalam kurun waktu kurang lebih satu dekade, Samsung pun semakin berkembang dan memiliki pabrik tepung, mesin manisan, kegiatan operasi manufaktur, dan penjualannya sendiri. 

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda