KKP Integrasikan Layanan Surat Izin Usaha Perikanan ke OSS

Antara ยท Sabtu, 01 Agustus 2020 - 14:45 WIB
KKP Integrasikan Layanan Surat Izin Usaha Perikanan ke OSS

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Nilanto Perbowo. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan, Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) diintegrasikan dalam Online Single Submission (OSS). Pengajuan bakal lebih mudah karena diakses secara elektronik.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP, Nilanto Perbowo mengajak seluruh instansi baik pusat maupun daerah terkait industri perikanan menyerahkan perizinan lewat OSS.

"KKP mendorong integrasi seluruh sistem pelayanan izin usaha yang menjadi kewenangan menteri atau pimpinan lembaga, gubernur, hingga bupati atau walikota secara elektronik melalui OSS," ujarnya melalui keterangan tertulis, Sabtu (1/8/2020).

Nilanto menilai, digitalisasi pelayanan perizinan sesuai arahan Presiden Jokowi yang menginginkan peringkat kemudahan berinvestasi di Indonesia meningkat. Pada 2019, Indonesia berada di peringkat 73.

Dia mengatakan, SIUP kini telah menerapkan OSS mulai dari permohonan pengajuan hingga terbitnya surat. Dia berharap, izin lainnya terkait perikanan di instansi lain bisa masuk OSS.

Untuk skala besar Penanaman Modal Asing (PMA), kata SIUP diterbitkan Menteri Kelautan dan Perikanan. Untuk Skala Menengah Besar Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), izin berada di tangan gubernur dan untuk skala mikro kecil diterbitkan bupati atau wali kota.

Menurut Nilanto, izin lewat OSS penting demi transparansi dan akuntabilitas karena dilakukan tanpa tatap muka dan tanpa biaya. Selain itu, kerja pemerintah juga lebih mudah karena mengawasi pemantauan saja.

"Proses perizinan disederhanakan dalam satu pintu melalui OSS dan penerbitan izin usaha baru telah menerapkan post audit, dimana pemerintah tinggal memantau kepatuhan terhadap komitmen dari pelaku usaha," ujarnya.

Editor : Rahmat Fiansyah