Komunikasi Kreatif dalam Bisnis Sangat Dibutuhkan di Masa Covid-19

Dani M Dahwilani ยท Selasa, 08 Desember 2020 - 02:29:00 WIB
Komunikasi Kreatif dalam Bisnis Sangat Dibutuhkan di Masa Covid-19
Pandemi Covid-19 sejak kuartal kedua 2020 menuntut pelaku usaha kreatif dalam menjalankan bisnis. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid-19 sejak kuartal kedua 2020 menuntut pelaku usaha kreatif dalam menjalankan bisnis. Meski sederhana bagaimana pesan bisa sampai ke konsumen dengan baik.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pandemi Covid-19 menyebabkan pertumbuhan ekonomi minus 3,49 persen pada kuartal III (resesi), setelah pada kuartal II juga tumbuhan minus 5,32 persen. Pertumbuhan ekonomi ini juga telah meningkatkan jumlah angka pengangguran di Indonesia tahun ini hingga mencapai 9,77 persen.

Terkait situasi tersebut, promosi di televisi dan media sosial biasanya dibuat dengan mewah, durasi lama dan mengekspos bintang untuk menarik konsumen. Namun, kondisi saat ini tidak menjamin diterima baik oleh masyarakat.

Untuk itu, melalui program #HatiHarusOptimis Aqua meluncurkan iklan sangat sederhana dan berbiaya rendah. Di mana biaya promosi akan dialihkan untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19. 

“Kami memahami keadaan sekarang yang tidak menentu ini menjadi tantangan bagi banyak orang. Namun, kami percaya semua harus menghadapi masa sulit ini bersama-sama. Sebagai merek yang selalu berupaya menginspirasi kebaikan, program ini ada untuk mengangkat semangat dan juga membangun optimisme di tengah masyarakat,” ujar Jeffri Ricardo, Marketing Manager Danone-AQUA dalam keterangan persnya dilansir Selasa (8/12/2020).

Jeffri menuturkan melalui program #HatiHarusOptimis, Aqua mengajak lebih banyak masyarakat Indonesia fokus pada hal-hal baik serta terus menjaga kesehatan diri di masa pandemi ini. “Program promosi #HatiHarusOptimis diharapkan dapat membantu konsumen untuk memenuhi berbagai kebutuhan selama masa-masa pandemi melalui berbagai hadiah yang diberikan,” katanya.

Dalam komunikasi unik ini, sebelumnya juga pernah dilakukan Aqua dan menjadi viral melalui kampanye anti mainstream yang menekankan pesan dan mengingatkan konsumen dan masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan tetap di rumah saja menggunakan masker.

Editor : Dani M Dahwilani