JAKARTA, iNews.id - PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) membuka lowongan kerja untuk sejumlah posisi untuk lulusan S1 berbagai jurusan. Lowongan kerja tersebut dibuka hingga 6 Desember 2021 mendatang.
KSEI merupakan Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian(LPP) di Pasar Modal Indonesia yang menyediakan layanan jasa Kustodian sentral dan penyelesaian transaksi Efek yang teratur, wajar, dan efisien, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal.
Baca Juga
Kadin Dorong Ekonomi Indonesia Tumbuh 8 Persen Lewat Cara Ini
Sementara itu, dikutip dari laman resmi KSEI, posisi yang dibutuhkan adalah Kepala Unit Tindakan Korporasi, dan enam posisi staf. Keenam posisi staf tersebut, yakni Staf Satuan Pemeriksaan Internal, Staf Manajemen Risiko, Staf Penelitian, Staf Pengembangan Usaha, Staf Pengembangan SDM, dan Staf Operasional Teknologi Informasi.
Berikut ini speksifikasi yang dibutuhkan calon pelamar untuk masing-masing posisi:
Baca Juga
Hati-hati Penipuan Lowongan Kerja Mengatasnamakan OJK
1. Kepala Unit Tindakan Korporasi ( Subject: Kanit TKO)
Spesifikasi Pekerjaan:
- Mengoordinasi dan memonitor aktivitas tindakan korporasi.
- Mengoordinasi dan memonitor pelaksanaan distribusi efek/dana hasil kegiatan tindakan korporasi.
- Mengoordinasi dan memonitor kegiatan pembayaran pajak atas bunga Efek.
- Mengelola dan melakukan penempatan dana pihak ketiga sesuai konfirmasi yang telah ditentukan.
- Mengoordinasi pembuatan laporan kegiatan operasional KSEI ke pihak-pihak yang berhak dan berwenang.
Spesifikasi minimum:
- Minimal S1 dari Universitas dengan akreditasi A, diutamakan dari bidang Ekonomi (Akuntansi, Manajemen, Ilmu Ekonomi), Matematika, dan Statistika.
- Minimum pengalaman sebagai supervisor atau manager selama 5 tahun di pasar modal.
- Memiliki sertifikasi pasar modal (WPPE/WMI/WPEE)
- Kemampuan bahasa Inggris, dibuktikan dengan sertifikat/record TOEFL minimal 475 (tes maksimal 2 tahun terakhir).
2. Staf Satuan Pemeriksaan Internal (Subject: Staf SPI)
Spesifikasi Pekerjaan:
- Melaksanakan program kegiatan Audit Internal operasional maupun non operasional, khususnya terkait bidang IT, secara rutin maupun non rutin.
- Mendukung dan turut melaksanakan pekerjaan internal audit lain (non-IT).
- Mengelola dan menyusun laporan hasil pemeriksaan dan pengawasan.
- Memberikan alternatif rekomendasi atas solusi pemecahan apabila ditemui ketidakselarasan antara pelaksanaan dengan ketentuan dan prosedur yang ditetapkan.
Spesifikasi minimum:
- Minimal S1 Teknik Informasi atau sederajat dari universitas dengan akreditasi A.
- Memiliki pengalaman minimal 2 tahun di bidang Internal Audit atau Internal Audit bidang Informasi Teknologi (merupakan nilai tambah).
- Memiliki sertifikasi di bidang Internal Audit (merupakan nilai tambah).
- Kemampuan bahasa Inggris, dibuktikan dengan sertifikat/record TOEFL minimal 450 (tes maksimal 2 tahun terakhir).
3. Staf Manajemen Risiko (Subject: Staf MRI)
Spesifikasi Pekerjaan:
- Melaksanakan pengelolaan manajemen risiko (identifikasi, analisa, evaluasi risiko) melalui komunikasi berkala dengan Risk Owner.
- Melakukan pengelolaan risiko proyek, risiko stratejik, risk control self assesment.
- Melakukan pendampingan manajemen risiko terkait implementasi ISO di KSEI.
- Membantu penyusunan laporan kepada Direksi, Komite, dan pihak terkait lain jika dibutuhkan.
- Melakukan pemantauan berkala terhadap kebijakan dan prosedur yang berlaku.
- Membantu penyusunan SOP dan menganalisa keterkaitan SOP antar unit bisnis.
- Melakukan administrasi pengendalian dokumen (SOP, Instruksi Kerja, Formulir dan Kebijakan) terkait ISO.
Spesifikasi minimum:
- Minimal S1 Manajemen/Akuntansi/Teknik Informasi dari universitas denganc akreditasi A.
- Memiliki pengalaman minimal 2-3 tahun di bidang manajemen risiko dan internal audit.
- Memiliki sertifikasi internal audit merupakan nilai tambah.
- Kemampuan bahasa Inggris, dibuktikan dengan sertifikat/record TOEFL minimal 450 (tes maksimal 2 tahun terakhir).
4. Staf Penelitian (Subject: Staf PEN)
Spesifikasi Pekerjaan:
- Melakukan kajian atau pengujian atas layanan jasa baru di KSEI.
- Penyediaan dan pengelolaan data atas permintaan data ke Unit Penelitian.
- Manajemen basis data yang digunakan terkait penyediaan data.
- Merancang spesifikasi bisnis dan panduan implementasinya.
Spesifikasi minimum:
- Minimal S1 Komputer,Ekonomi/ Manajemen, Statistik, Matematika, Teknologi Industri dari universitas dengan akreditasi A.
- Memiliki pengalaman kerja di bidang Penelitian, Business Analyst, Database Administrator, Data Analyst, Data Scientist minimal 3-5 tahun.
- Memiliki kemampuan SQL, PL/SQL, Klikview, Power BI, Power Query for excel (merupakan nilai tambah).
- Kemampuan bahasa Inggris, dibuktikan dengan sertifikat/record TOEFL minimal 450 (tes maksimal 2 tahun terakhir).
5. Staf Pengembangan Usaha (Subject: Staf PUS)
Spesifikasi Pekerjaan:
- Menyusun dokumen business requirement specification dengan terlebih dahulu melakukan requirement gathering, analisis, dan memberikan solusi yang sejalan dengan permintaan user.
- Melakukan koordinasi dengan divisi/unit lain dan vendor dalam proses pengembangan sistem.
- Menyusun dokumen user guide terkait dengan pengembangan sistem untuk layanan baru baik diperuntukkan kepada pengguna internal maupun eksternal perusahaan.
- Memberikan pelatihan kepada pengguna baik internal maupun eksternal perusahaan terkait dengan penggunaan sistem yang dimiliki oleh perusahaan.
- Melakukan pengelolaan administrasi, dokumen, dan laporan, pada proses pengembangan bisnis dan layanan jasa perusahaan.
Spesifikasi minimum:
- Minimal S1 Komputer, Ekonomi/ Manajemen, Statistik, Matematika, Teknologi Industri dari universitas dengan akreditasi A.
- Memiliki pengalaman kerja di bidang Penelitian, Business Analyst, Database Administrator, Data Analyst, Data Scientist minimal 1-3 tahun.
- Memiliki kemampuan Ms. Office (Visio, Word, Excel, dsb) (merupakan nilai tambah).
- Kemampuan bahasa Inggris, dibuktikan dengan sertifikat/record TOEFL minimal 450 (tes maksimal 2 tahun terakhir).
6. Staf Pengembangan SDM (Subject: Staf PSD)
Spesifikasi Pekerjaan:
- Menjalankan proses administrasi kepegawaian dan operasional sesuai SOP yang berlaku.
- Membantu menjalankan rencana pengembangan organisasi dan pengelolaan tenaga kerja serta memonitor penerapan kebijakan peraturan perusahaan.
- Menjadi narasumber untuk berbagai keperluan karyawan.
- Pengelolaan aset data karyawan
Spesifikasi minimum:
- Minimal S1 dari universitas dengan akreditasi A
- Memiliki pengalaman kerja di bidang Sumber Daya Manusia/Konsultan SDM minimal 1-2 tahun
- Memiliki sertifikasi HR (merupakan nilai tambah)
- Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik
- Kemampuan bahasa Inggris, dibuktikan dengan sertifikat/record TOEFL minimal 450 (tes maksimal 2 tahun terakhir)
7. Staf Operasional Teknologi Informasi 2 (Subject: Staf OTI2)
Spesifikasi Pekerjaan:
- Mengoperasikan dan mengelola sistem KSEI dan sistem pendukung lainnya.
- Melakukan troubleshooting, problem solving, dan workaround atas permasalahan yang terjadi dalam sistem, database, dan komponen lainnya.
- Membantu proses administrasi yang mendukung layanan dibawah Unit Operasional Teknologi Informasi 2.
- Melaksanakan proyek terkait pengembangan atau perbaikan aplikasi dibawah pengelolaan unit.
Spesifikasi minimum:
- Minimal S1 Teknik Informasi atau sederajat dari universitas dengan akreditasi A.
- Memiliki pengalaman minimal 2-3 tahun di bidang Operasional atau Pengembangan IT (merupakan nilai tambah).
- Menguasai Linux/Unix OS, memahami bahasa pemrograman, dan SQL Statement
- Kemampuan bahasa Inggris, dibuktikan dengan sertifikat/record TOEFL minimal 450 (tes maksimal 2 tahun terakhir).
Bagi calon pelamar yang berminat, CV, foto terbaru, dan lamaran dikirim ke [email protected]; [email protected]; dan [email protected] dengan subject masing-masing. Adapun batas maksimum keseluruhan file sebesar 2MB.
"Sebelum melamar silahkan cek website kami di www.ksei.co.id. Hanya kandidat terpilih yang akan dipanggil untuk melalui proses seleksi," tulis pengumuman tersebut.
Editor: Jujuk Ernawati