Lowongan Kerja yang Paling Banyak Dicari di 2022

Shelma Rachmahyanti ยท Sabtu, 15 Januari 2022 - 14:47:00 WIB
Lowongan Kerja yang Paling Banyak Dicari di 2022
Ilustrasi lowongan kerja (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Dari sekian banyak posisi yang ditawarkan perusahaan, ada beberapa lowongan kerja yang paling banyak dicari di 2022, seiring dengan membaiknya kondisi perekonomian. 

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 yang melanda dunia selama dua tahun terakhir, juga berdampak pada penghentian operasional sejumlah perusahaan, hingga terjadinya gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK). 

Namun seiring dengan penurunan kasus aktif Covid-19 dan pemulihan ekonomi, banyak lowongan kerja ditawarkan oleh berbagai perusahaan. 

Akan tetapi, dari sekian banyak tawaran lowongan kerja, beberapa diantaranya paling banyak dicari para pelamar di tahun ini. Bahkan ada beberapa lowongan kerja favorit yang diminati calon pekerja. 

Berikut daftar lowongan kerja favorit atau lowongan kerja yang paling banyak dicari di 2022, seperti dirangkum MNC Portal Indonesia berikut ini: 

1. Teknologi dan Informasi (IT)

Teknologi dan Informasi (IT) merupakan salah satu bidang pekerjaan yang banyak dibutuhkan di 2022. Bidang ini terus berkembang seiring dengan meningkatnya penggunaan gadget dan internet untuk kebutuhan belajar dan bekerja. 

Oleh sebab itu, tidak heran jika para ahli bidang teknologi dan informasi akan selalu dicari untuk mendukung kegiatan yang berhubungan dengan internet dan gadget. 

2. Kesehatan

Tidak sedikit pekerja medis yang jatuh sakit bahkan meninggal dunia karena pandemi Covid-19. Untuk itu, kebutuhan tenaga medis diprediksi akan terus mengalami peningkatan pada 2022. Melansir Forbes, setidaknya kebutuhan tenaga kesehatan bisa mencapai lebih dari 500 ribu hingga 2027.

3. Supply Chain Management (SCM)

Bidang ini memiliki serangkaian profesi yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya.  Pekerjaan di bidang SCM seperti purchasing, logistik, hingga distribusi banyak mengalami perubahan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang serba mendadak.  Dengan demikian, pekerjaan di bidang retail akan selalu dibutuhkan mengingat kebutuhan masyarakat selalu tinggi.

4. Manajemen Keuangan

Forbes mengungkapkan, kebutuhan pekerja di bidang manajemen keuangan akan meningkat sebesar 15% selama 10 tahun ke depan. Bidang pekerjaan ini bertugas untuk memeriksa pengeluaran dan pendapatan perusahaan sekaligus mencari cara untuk memaksimalkan keuntungan.

5. Aktuaria dan Ahli Statistik

Bidang aktuaria memang mulai banyak dibutuhkan perusahaan di beberapa tahun belakangan dan di 2022. Adapun perusahaan yang bergerak di bidang jasa asuransi dan perbankan paling banyak membutuhkan seorang aktuaris. 

Selain aktuaris, ahli statistik juga banyak dibutuhkan oleh perusahaan di masa depan. Mereka bertugas untuk menganalisa data yang berkaitan dengan penjualan, keuntungan, hingga prospek di masa depan. Shelma Rachmahyanti 

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: