LPDB-KUMKM Targetkan Dana PEN Terserap 100 Persen Akhir September

Irfan Ma'ruf ยท Selasa, 15 September 2020 - 15:00 WIB
LPDB-KUMKM Targetkan Dana PEN Terserap 100 Persen Akhir September

Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB-KUMKM), Supomo. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) menargetkan seluruh dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) terserap pada akhir bulan ini. Lembaga di bawah Kementerian Koperasi dan UKM itu diberikan dana Rp1 triliun.

"Capaiannya sampai saat ini sudah sekitar 67,8 persen. Dari total Rp1 triliun yang diamanahi oleh pemerintah. (Disalurkan ke) sekitar 63 mitra koperasi, termasuk konvensional dan syariah," kata Direktur Utama LPDB-KUMKM, Supomo di Jakarta, Selasa (15/9/2020).

Supomo mengaku diberikan target Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki untuk menuntaskan penyerapan dana pada akhir September 2020. Dia yakin bisa memenuhi target yang diberikan.

"Target Pak Menteri (Teten) kan September. Insyallah akhir September sudah habis karena ini kan lagi on progres. Insyallah akhir September bisa mencapai 100 persen," kata dia.

Supomo mengatakan, dana tersebut disalurkan ke berbagai daerah di Indonesia. Dia memastikan program itu tidak membeda-bedakan wilayah.

"Kita tidak membedakan wilayah. Kita juga sudah mengincar Indonesia paling ujung. Kita juga lagi sosialisasi untuk PEN, minggu depan kita ke Papua, Makassar-Papua," tuturnya.

Pemerataan penyaluran diakui Supomo agak terkendala. Pasalnya, penerbangan belum dibuka sepenuhnya sehingga mobilitas terganggu. Namun, dia optimistis kendala ini bisa diatasi. Supomo yakin seluruh dana PEN tuntas segera.

"Mudah-mudahan tahun depan sudah bersih. Kalau pun ada PEN untuk benar-benar pemulihan, untuk bertahan," ucapnya.

Editor : Rahmat Fiansyah