Luhut: Anak Usia di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal dengan Pendampingan Orangtua

azhfar muhammad ยท Senin, 20 September 2021 - 17:44:00 WIB
Luhut: Anak Usia di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal dengan Pendampingan Orangtua
Menko Marves Luhut mengatakan, Luhut: anak usia di bawah 12 tahun boleh masuk mal dengan pendampingan orangtua

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah akan melakukan uji coba membuka pusat perbelanjaan atau mal di wilayah Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. Hal ini seiring dengan menurunnya kasus Covid-19.  

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) sekaligus koordinator PPKM Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, anak di bawah 12 tahun saat ini sudah dibolehkan masuk ke dalam pusat perbelanjaan dengan catatan harus didamping orangtua.

"Akan dilakukan uji coba pembukaan pusat perbelanjaan/mal bagi anak-anak di bawah usia 12 tahun dengan pengawasan dan pendampingan orangtua yang akan diterapkan di wilayah Jakarta, Bandung, Semarang, DIY, dan Surabaya," kata Luhut melalui konferensi virtual, Senin (20/9/2021).

Dia menjelaskan, hal tersebut berdasarkan dengan kondisi situasi Covid-19 yang semakin baik, serta implementasi protokol Kesehatan dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi yang terus berjalan.

"Kemudian pembukaan bioskop dengan kapasitas maksimal 50 persen pada kota-kota level 3 dan level 2, namun dengan kewajiban penggunaan aplikasi PeduliLindungi serta penerapan protokol kesehatan yang ketat dan kategori kuning dan hijau dapat memasuki area bioskop," tuturnya.

Dalam arahan yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo dalam Rapat Terbatas hari ini diputuskan bahwa dengan melihat perkembangan yang ada, maka perubahan PPKM level diberlakukan selama 2 minggu untuk Jawa-Bali.

"Tentu akan kami evaluasi tetap dilakukan setiap minggunya untuk mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi begitu cepat," ujarnya.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel: