Luhut Bakal Audit Perusahaan Sawit Imbas Persoalan Minyak Goreng

Iqbal Dwi Purnama ยท Selasa, 24 Mei 2022 - 21:29:00 WIB
Luhut Bakal Audit Perusahaan Sawit Imbas Persoalan Minyak Goreng
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan berencana untuk mengaudit seluruh perusahaan sawit dalam waktu dekat. Hal ini dilakukan imbas dari persoalan minyak goreng, mulai dari kelangkaan hingga mahalnya harga di dalam negeri beberapa waktu lalu.

"Kami audit juga semua (perusahaan) kelapa sawit yang belum pernah sepanjang sejarah kita lakukan, luasnya berapa, suratnya, HGU-nya (Hak Guna Usaha), HPL (Hak Pengelolaan), statusnya supaya jelas," ujar Luhut di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Selasa (24/5/2022).

Luhut menambahkan, apa yang dilakukannya saat ini bakal menjadi sejarah di Indonesia, di mana Indonesia juga belum pernah melakukan audit ke perusahaan minyak sawit.

Dia menyebut, pihaknya juga bakal mengecek apakah ada kantor perusahaan sawit yang juga memiliki perusahaan lain di luar negeri untuk menghindari pajak, sehingga negara tidak memungut pajak tersebut.

"Supply hari ini sudah cukup, lebih, dan sekarang harga sudah mulai turun. Kita pastikan distribusi jalan, penyaluran jalan, pengawasan jalan oleh Satgas Pangan," kata dia.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: