Maskapai Penerbangan Ini Bakal Rekrut 1.000 Pilot

Aditya Pratama ยท Selasa, 22 Juni 2021 - 11:15:00 WIB
Maskapai Penerbangan Ini Bakal Rekrut 1.000 Pilot
Delta Airlines, salah satu maskapai penerbangan yang akan merekrut banyak pilot

GEORGIA, iNews.id - Delta Airlines akan merekrut lebih dari 1.000 pilot pada musim panas mendatang. Selain Delta, sejumlah maskapai di Amerika Serikat (AS) juga akan melakukan hal yang sama, menambah pilot maupun staf. 

Sementara perekrutan pilot oleh Delta Airlines merupakan cara maskapai yang berpusat di Atlanta, Georgia itu untuk memenuhi meningkatnya permintaan perjalanan.  Pada April lalu, Delta menyatakan akan melanjutkan perekrutan pada pertengahan tahun ini karena permintaan perjalanan udara mulai pulih dari dampak pandemi Covid-19.

"Bagi pilot yang ingin bergabung dengan Delta, ini peluang untuk kemajuan karier," kata Kepala Operasi Delta Airline John Laugther, dikutip dari CNBC, Selasa (22/6/2021). 

Delta Airlines berencana melanjutkan pemulihan perjalanan udara dan untuk menghindari masalah kepegawaian. Sebelumnya, perusahaan telah membatalkan ratusan penerbangan selama Thanksgiving dan Natal karena tidak memiliki cukup pilot.

Laughter memperkirakan, volume perjalanan liburan AS bulan ini kembali ke tingkat sebelum pandemi dan akan ada lebih banyak pebisnis melakukan perjalanan. Pada Minggu (20/6/2021), AS mencatat, ada 2,1 juta penumpang pesawat. Ini merupakan jumlah tertinggi sejak Maret 2020 ketika Covid-19 membuat permintaan penerbangan turun 23 persen dari tingkat pra-pandemi. 

Setelah kerugian besar pada 2020, Delta berharap bisa membukukan laba sebelum pajak pada paruh kedua 2021, dengan beroperasinya kembali perusahaan di Amerika pada Hari Buruh pada awal September mendatang.

"Kami memperkirakan akan mencatat keuntungan pada bulan Juni yang luar biasa," ujar Laughter, dikutip dari Reuters.

Selain Delta, American Airlines menyatakan akan melanjutkan perekrutan pilot musim gugur ini dengan sekitar 300 pilot baru pada akhir tahun dan menggandakan jumlahnya pada tahun depan. Sedangkan Southwest Airlines berencana mempekerjakan pilot baru pada akhir tahun ini untuk mendukung operasi 2022.

United Airlines yang berbasis di Chicago juga akan menambah sekitar 300 pilot baru dalam beberapa minggu mendatang. Namun apakah jumlahnya akan ditambah lagi tergantung kecepatan perusahaan pulih dari pandemi.

"United berencana mempekerjakan sekitar 10.000 pilot pada 2030," kata juru bicara United Airlines Charles Hobart.

Editor : Jujuk Ernawati