Maskapai Susi Air Diusir Dari Hanggar Malinau, Kemenhub: Itu Persoalan Business to Business

azhfar muhammad ยท Kamis, 03 Februari 2022 - 19:10:00 WIB
 Maskapai Susi Air Diusir Dari Hanggar Malinau, Kemenhub: Itu Persoalan Business to Business
Satpol PP usir pesawat Susi Air di Kaltara. (Foto: tangkapan layar)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan diusirnya maskapai Susi Air dari Hanggar Malinau, Kalimantan Utara (Kaltara), merupakan persoalan business to business (B2B) dengan pemerintah daerah (pemda) setempat. 

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Novie Riyanto, mengatakan tindakan tersebut merupakan eksekusi dari persoalan B2B Pemda Kaltara sebagai pemilik Hanggar Malinau yang memiliki kontrak dengan maskapai Susi Air.

“Untuk masalah Susi Air yang diusir dari Hanggar Malinau, itu yang punya hanggar Pemda Kaltara, jadi murni persoalan B2B, jadi kita bisa ngapain, masa kita berantem dengan pemda, ya kita fasilitasi saja,” kata Novie Riyanto, saat dihubungi MNC PORTAL, Kamis (3/2/2022). 

Dia menjelaskan, Kemenhub hanya bertugas memfsilitasi dialog antara maskapai Susi Air dengan Pemda Kaltara sebagai pemilik Hanggar Malinau. Namun mengenai kontrak kedua pihak, Kemenhub belum mengetahui secara pasti dan tidak akan intervensi,

“Perjanjiannya apa ya pokonya kemarin Susi airnya disuruh keluar dan disini kita sebagai jembatan fasilitasi untuk nanti dirembuk lagi. Kita terus terang belum memonitor kontraknya seperti apa dan kejadian pastinya seperti apa dan kita belum mendapatkan data secara detail nanti kita monitoring lagi,” tutur Novie Riyanto.

Menurut dia, bandara tersebut memang di bawah pengelolaan Kemenhub. Namun Pemda Kaltara memiliki aset hanggar, dimana maskapai Susi Air telah diusir. Yang mengekskusi itu adalah Satpol PP Pemda Kaltara. 

“Enggak ngerti juga sih, tapi untuk statusnya Bandara memang milik kita (Kemenhub) dan disitu pemda memiliki aset hanggar, mereka juga punya kontraktual yang perjanjiannya kita tidak pernah tahu. Itu yang mengeksusi kan dari satpol PP bukan dari kita, makanya itu bukan ranah kita. Kalau kita nanti blunder lagi,” tutur Novie Riyanto.

Seperti diberitakan, pesawat Susi Air diusir dari Hanggar Bandara RA Bessing, Malinau, Kalimantan Utara oleh petugas dari Satpol PP Pemkab Malinau pada Rabu 2 Februari 2022.

“Seringkali ada kejutan dalam hari-hari kita .. Kejutan hari ini, saya dapat video dari anak saya tentang pesawat Susi Air dikeluarkan paksa oleh sekumpulan Satpol PP dari Hanggar Malinau setelah kita sewa selama 10 tahun ini untuk melayani penerbangan di wilayah Kaltara," kata Susi dalam cuitan akun Twitter-nya.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda