Melihat Potensi Bisnis di Balik Daun Kelor

Anggie Ariesta ยท Rabu, 08 Desember 2021 - 10:27:00 WIB
Melihat Potensi Bisnis di Balik Daun Kelor
Daun Kelor menjadi salah satu tanaman yang menjadi incaran terutama saat pandemi Covid-19. Ternyata, potensi bisnis dari daun kelor sangat menarik. (foto: YouTube IDX Channel)

JAKARTA, iNews.id - Daun kelor menjadi salah satu tanaman yang menjadi incaran masyarakat Indonesia saat pandemi Covid-19. Ternyata, tanaman dengan nama Latin Moringa oleifera ini punya segudang manfaat, salah satunya guna menjaga imunitas tubuh.

Founder Rumah Kelor, Felix Bram Samora mengatakan, potensi bisnis dari daun kelor sangat menarik. Terlebih, daun kelor beberapa tahun belakangan sudah banyak diteliti secara global.

"Sebetulnya tanaman ini sudah banyak diteliti di luar negeri dan mungkin kalau di Indonesia baru sekitar 3-4 tahun belakangan ini baru orang banyak mengenal kelor ini ya, dan kalau bicara potensi (bisnis) tentu kita tahu bahwa saat ini kita berada dalam pandemi dan potensi produk kesehatan tidak hanya kelor tentu sangat meningkat dua tahun belakangan ini dan memang secara data permintaan global sangat meningkat, jadi potensinya sangat luar biasa sekali," ujar Felix dalam acara Power Breakfast IDX Channel, Rabu (8/12/2021).

Felix menambahkan, selama pandemi Covid-19 Rumah Kelor mengalami peningkatan permintaan sampai 30-40 persen secara year on year (yoy).

"Jadi mungkin karena ada persaingan juga dalam dunia produk kesehatan, tapi saya yakin sih untuk permintaan global untuk daun kelor ini lebih dari itu, kalau internal kami meningkat sebanyak 30 persen," kata dia.

Felix menuturkan, edukasi daun kelor ini menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaannya. Sebab, daun kelor di Indonesia belum banyak dikenal, malah masyarakat mengenal tanaman tersebut berhubungan dengan hal mistis.

"Karena kalau di Pulau Jawa kan ada kepercayaan Kelor ini adalah tanaman mistis, khususnya ngusir setan lah untuk melunturkan susuk lah, nah jadi memang perlu edukasi lebih untuk tanaman Kelor ini lebih dikenal dari sisi kesehatannya, manfaat kesehatan yang banyak sekali, masa udah 2021 masih percaya hal-hal mistis seperti itu," ucapnya.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: