Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Sederet Artis Ini Pandu Shopee Live Superstar, Peningkatan Produk hingga 16 Kali Lipat!
Advertisement . Scroll to see content

Menilik Strategi Jitu E-Commerce Ini Raih Kepuasan Tertinggi Pembeli hingga UMKM

Senin, 12 Agustus 2024 - 06:43:00 WIB
Menilik Strategi Jitu E-Commerce Ini Raih Kepuasan Tertinggi Pembeli hingga UMKM
(Foto: dok Freepik/rawpixel)
Advertisement . Scroll to see content

Hal tersebut terlihat dalam riset ini, yakni Shopee (65 persen) diasosiasikan sebagai e-commerce yang paling memberikan omzet terbesar bagi bisnis penjual brand lokal dan UMKM, berada di atas Tokopedia (16 persen), TikTok Shop (9 persen), serta Lazada (6 persen).

Lebih dari itu, berdasarkan pilihan penjual, Shopee (59 persen) juga menjadi e-commerce di urutan pertama yang paling memberikan keuntungan terbanyak bagi bisnis mereka, diikuti oleh Tokopedia (20 persen) di urutan kedua, TikTok Shop (8 persen), dan Lazada (7 persen).

Fitur interaktif live streaming yang semakin diminati oleh konsumen turut menjadi aspek penting bagi para penjual dalam memilih e-commerce favorit mereka. Kini konsumen lebih menyukai cara belanja yang interaktif ini karena mereka dapat melihat maupun bertanya mengenai produk yang ingin dibeli secara langsung. Hal ini turut menjadikan live streaming sebagai strategi penting yang diadaptasi oleh penjual dalam menjawab permintaan dari para konsumen nya.

Temuan ini sejalan dengan survei IPSOS yang berjudul ‘Tren Live Streaming E-commerce bagi Penjual’, di mana Shopee Live menjadi fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh penjual brand lokal dan UMKM. Secara persentase, 72 persen penjual memilih Shopee Live, berbanding dengan TikTok Live (26 persen).

Sejalan dengan indikator Market Share, di mana Shopee Live (82 persen) juga menjadi platform yang paling banyak dipilih untuk kebutuhan penjualan para penjual brand lokal dan UMKM, melampaui TikTok Live yang berada di angka 18 persen.

Konsistensi Shopee dalam menelaah tren belanja masyarakat dan berusaha menjawabnya melalui inovasi teknologi serta inisiatif fitur dan program, merupakan faktor yang menguatkan posisi Shopee dibandingkan pesaing lainnya sebagai e-commerce favorit seluruh ekosistem, mulai dari pengguna hingga para penjual brand lokal dan UMKM.

Pada akhirnya, dapat disimpulkan bahwa Shopee masih mempertahankan posisi sebagai e-commerce pilihan masyarakat Indonesia dari tahun ke tahun. Persaingan sengit para pemain e-commerce terus menarik untuk diamati. Strategi dan inovasi yang dihadirkan untuk memenangkan hati masyarakat tidak akan berhenti di sini saja.

Editor: Anindita Trinoviana

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut