Menteri PUPR Siapkan Rp125 Miliar Serap Karet dan Resin Pohon Pinus untuk Aspal Jalan

Suparjo Ramalan ยท Kamis, 07 Mei 2020 - 16:50 WIB
Menteri PUPR Siapkan Rp125 Miliar Serap Karet dan Resin Pohon Pinus untuk Aspal Jalan

Proses pengaspalan jalan. (Foto: Humas PUPR)

JAKARTA, iNews.id - Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menganggarkan Rp125 miliar untuk menyerap karet alam dan resin pohon pinus sebagai campuran aspal. Kedua komoditas itu diyakini meningkatkan kualitas jalan.

"Aspal karet memiliki tingkat perkerasan lebih baik, tidak mudah meninggalkan jejak roda pada saat aspal basah dan daya tahan lebih tinggi dibanding aspal biasa,” ujar Basuki lewat keterangan tertulis, Kamis (7/5/2020).

Dia mengatakan, Kementerian PUPR menyiapkan anggaran Rp100 miliar untuk membeli 10.000 ton karet langsung dari petani. Penyerapan karet itu akan dilakukan di sejumlah wilayah produsen karet.

Selain aspal alam, kata dia, Kementerian PUPR juga telah menyiapkan anggaran Rp25 miliar untuk membeli resin produksi dari PT Perhutani (Persero). Resin sebanyak 800 ton ini akan digunakan untuk pengecatan marka jalan.

Dia menyebut, resin produksi Perhutani terbuat dari getah pohon pinus sehingga lebih ramah lingkungan dibanding dengan C5 petroleum resin. Resin dari getah pohon pinus juga lebih kuat di samping harganya yang terjangkau.

Editor : Rahmat Fiansyah