Menteri Susi Janji Pasar Ikan Muara Baru Diperluas 2 Kali Lebih Besar

Antara ยท Kamis, 14 Maret 2019 - 00:50 WIB
Menteri Susi Janji Pasar Ikan Muara Baru Diperluas 2 Kali Lebih Besar

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (kedua kanan) saat mendampingi Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua dari kiri) di sela-sela peresmian Pasar Ikan Modern Muara Baru di Jakarta, Rabu (13/3/2019)

JAKARTA, iNews.id - Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Jakarta Utara telah diresmikan Presiden Joko Widodo. Pasar ikan ini rencananya akan kembali diperluas oleh pemerintah

"Sekarang luasnya dua hektare, nantinya akan dua kali lebih besar," kata Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti di Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Menurut Menteri Susi, rencana perluasan itu akan dilakukan secara bertahap. Dengan begitu, proses perluasan tidak terlalu mengganggu aktivitas masyarakat.

Dia juga berharap dengan kehadiran pasar ikan modern itu tidak ada lagi kapal ikan yang memasukkan laporan tangkapannya dengan keliru. Saat pasar belum direnovasi, hasil tangkapan ikan di pasar ini mencapai 500 ton semalam. Bila pasar baru beroperasi, dia memprediksi hasil tangkapan bisa mencapai 500-1.000 ton.

Susi juga menuturkan, pada saat ini di pasar ikan yang lama di Muara Baru, tangkapan ikannya bisa sekitar 500 ton semalam

Sementara bila pasar baru telah beroperasi maka diharapkan jumlahnya bisa mencapai 500-1000 ton. Menurut Menteri Susi, hal itu karena ikan yang ditangkap dan dibawah ke pasar ikan Muara Baru berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Direktur Utama Perum Perindo Risyanto Suanda mengatakan, sebagai pengelola pasar ikan modern, pihaknya memastikan bahwa produk yang ditawarkan di pasar tersebut memiliki daya tawar dan daya saing yang kuat baik di pasar lokal maupun global.

Risyanto menuturkan, Pasar Ikan Modern atau yang disingkat PIM itu merupakan sarana bagi pedagang kecil dan menengah untuk semakin mengenalkan produk-produk perikanan mereka kepada pembeli yang lebih luas.

PIM Muara Baru memiliki bangunan itu memiliki 894 kios basah dan 155 kios kering. Pasar itu juga dilengkapi dengan lantai foodcourt yang mana para pengunjung bisa menikmati hidangan ikan segar.

Editor : Rahmat Fiansyah