Jokowi Resmikan Pasar Ikan Modern Muara Baru Ala Tsukiji Market Jepang

Antara ยท Rabu, 13 Maret 2019 - 21:57 WIB
Jokowi Resmikan Pasar Ikan Modern Muara Baru Ala Tsukiji Market Jepang

Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan pedagang usai meresmikan Pasar Ikan Modern Muara Baru di Jakarta, Rabu (13/3/2019). (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Jakarta Utara. Pasar modern itu meniru konsep Tsukiji Market, pasar ikan terbesar di Jepang.

Dalam sambutannya, Presiden mengatakan, pasar seluas dua hektare ini terdiri dari 896 unit lapak ikan segar dan 155 unit kios lapak ikan kering. Selain itu, pasar ini juga dilengkapi dengan foodcourt.

"Saya minta penggunaan bangunan yang sangat modern ini disertai pola kerja baru dan orientasi yang baik, mari kita jaga kenyamanan kebersihan dan keamanan pasar ikan di Muara Baru ini," kata dia di Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Pasar Ikan Modern tersebut merupakan proyek Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang dikelola oleh Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo). Pasar tersebut dibangun dengan dana APBN 2018 sebesar Rp150 miliar.

Jokowi mengungkapkan, PIM Muara Baru terinspirasi dari Tsukiji Market yang ada di Jepang. Saat berkunjung ke Jepang Juli 2016, dia langsung meminta Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti untuk membangun pasar serupa di Indonesia.

"Saya perintahkan Bu Susi. Bu, apakah tidak bisa kita ini bangun pasar ikan modern yang bersih sebersih pasar yang kita lihat di Tokyo yakni Tsukiji? Jawaban Bu Menteri bisa. Ya cepat kerjakan. Bangun!," ujar Presiden.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku tidak mempersoalkan pasar tersebut dibangun di mana usai Menteri Susi menyanggupi permintaannya. Selama dua tahun, dia mengaku menanti berdirinya pasar ikan modern.

"Saya tunggu-tunggu di mana. Ternyata Alhamdulilah sore ini kita memiliki pasar ikan modern. PIM di Muara Baru Jakarta. Saya senang. Saya bangga bisa hadir di PIM Muara Baru," ucap dia.

Editor : Rahmat Fiansyah

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua