Mesin Bermasalah, Pesawat Lion Air Rute Semarang-Jakarta Batal Terbang

Antara ยท Senin, 11 Februari 2019 - 18:30 WIB
Mesin Bermasalah, Pesawat Lion Air Rute Semarang-Jakarta Batal Terbang

Penumpang yang hendak menaiki pesawat Lion JT 0507 tujuan Jakarta diminta untuk kembali ke ruang tunggu Bandara Ahmad Yani Semarang. (Foto: ilustrasi/Ist)

SEMARANG, iNews.id - Pesawat Lion Air JT-507 rute Semarang-Jakarta batal terbang dari Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. Insiden tersebut terjadi karena ada permasalahan di bagian mesin pesawat.

Seluruh penumpang pesawat Lion Air JT 0507 yang seharusnya terbang pukul 13.05 WIB itu terpaksa turun dari pesawat dan menunggu di ruang tunggu bandara.

Salah seorang penumpang Lion Air, Hari Prihatono, mengaku diminta turun dari pesawat oleh awak kabin karena pesawat mengalami persoalan mesin. Dia menyebut, tidak ada penjelasan yang komprehensif pihak maskapai Lion Air ihwal pembatalan penerbangan tersebut.

"Saya dan penumpang lainnya yang sudah di dalam pesawat diminta turun dari pesawat, tidak ada penjelasan komprehensif kecuali informasi bahwa ada masalah di mesin," ujarnya, Senin (11/2/2018).

Menurut dia, para penumpang dipersilakan memilih dikembalikan uang (refund) atau menjadwal ulang (reschedule) penerbangan. Sementara dia memilih membeli tiket pesawat maskapai lain karena harus segera ke Jakarta.

Station Manager Lion Air Grup Semarang Arie Setiarto menjelaskan pesawat Lion Air JT 507 tersebut batal terbang karena permasalahan di bagian mesin dan harus dilakukan penggantian suku cadang, sehingga membutuhkan waktu.

"Spare part harus diganti karena mengganggu kalau waktu landing sehingga penumpang diminta turun," ujarnya.

Pelaksana Tugas General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Ahmad Yani, Agus Sina membenarkan ada penundaan penerbangan pesawat Lion Air JT 0507.

"Saat ini kondisi cukup kondusif, dengan penumpang pesawat telah kembali ke ruang tunggu untuk menunggu sampai diberangkatkan kembali pada pukul 18.30 WIB," katanya.

Angkasa Pura I telah bekoordinasi dengan maskapai agar dapat memberi kabar terkini keberangkatan pesawat tersebut melalui flight information display system (FIDS).

Petugas Terminal Inspector dan Customer Service juga turut berkoordinasi dengan maskapai dan mengarahkan penumpang jika ingin pindah penerbangan ke maskapai lain ataupun melakukan refund.


Editor : Rahmat Fiansyah