Microsoft Pulih, Check-in Online Bandara Sudah Normal

JAKARTA, iNews.id - Gangguan sistem Microsoft yang mengganggu layanan check-in pada penerbangan kini sudah pulih. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pun menyebut saat ini layanan check in sudah normal kembali.
Menurut Kepala Bagian Kerja sama Internasional, Humas dan Umum Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Mokhammad Khusnu ada sejumlah jurus yang telah dilakukan saat sistem Microsoft tersebut terkendala sebelumnya.
"Pada saat terjadi gangguan IT, langkah antisipasi dilakukan dengan melakukan pelayanan proses check-in secara manual," tutur Khusnu dalam keterangannya, Sabtu (20/7/2024).
Khusnu melanjutkan, selain pelayanan maskapai secara manual, sejumlah maskapai pun diminta memberikan imbauan kepada penumpangnya. Para maskapai diminta mengimbau penumpang untuk berangkat lebih awal.
"Kami juga membuka lebih banyak check-in counter serta menghimbau agar para penumpang berangkat lebih awal," tutur dia.
Lebih lanjut, Khusnu mengatakan langkah-langkah antisipasi dan mitigasi yang dilakukan pihaknya terutama kepada para penumpang maskapai yang mengalami kerugian, telah diberikan kompensasi keterlambatan.
"Kami juga melakukan langkah-langkah antisipasi dan mitigasi termasuk memastikan penanganan penumpang dengan memberikan kompensasi keterlambatan (delay management) dan opsi pelayanan terbaik kepada penumpang," jelas Khusnu.
Terakhir, dia mengungkapkan Ditjen Hubud menugaskan para penanggung jawab penerbangan tetap berjalan sesuai prosedur dengan aman dan selamat.
"Selain itu Ditjen Hubud menugaskan para Inspektur Penerbangan untuk bekerja sama dengan para operator penerbangan, penyelenggara bandara dan penyelenggara navigasi penerbangan untuk memastikan operasional penerbangan tetap berjalan dengan aman dan selamat," terang Khusnu.
Sebelumnya, layanan cloud Microsoft down hingga berdampak pada lumpuhnya perjalanan udara di seluruh dunia. Sejumlah bandara bahkan menghentikan operasinya karena maskapai penerbangan kesulitan menyediakan layanan seperti pemesanan online, check-in web, dan pembaruan status penerbangan.
Maskapai penerbangan pun terpaksa memeriksa penumpang secara manual dan mengeluarkan boarding pass tulisan tangan. Di negara asal, bandara-bandara utama, seperti New Delhi dan Bengaluru, India juga terkena dampaknya dan membuat antrean panjang dan check-in yang lambat.
Editor: Puti Aini Yasmin