MNC Investama Kolaborasi Layanan Cloud dengan Amazon Web Services

Suparjo Ramalan · Senin, 27 September 2021 - 11:00:00 WIB
MNC Investama Kolaborasi Layanan Cloud dengan Amazon Web Services
Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo dan Managing Director of ASEAN Amazon Web Services Conor McNamara dalam acara Media Briefing MNC Group – Amazon Web Services, Senin (27/9/2021). Foto: MNC Media

JAKARTA, iNews.id - Konglomerasi di sektor media, jasa keuangan, entertainment hospitality, e-commerce dan bisnis digital lainnya, PT MNC Investama Tbk (MNC Group atau BHIT) berkolaborasi dengan Amazon Web Services (AWS), sebuah perusahaan Amazon.com, Inc., sebagai penyedia cloud perusahaan untuk mendorong transformasi digital dan peningkatan pengalaman pengguna. 

Menyusul keberhasilannya di bisnis media sejak tahun lalu, PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) kini akan memanfaatkan penyedia cloud terkemuka global guna mempercepat peluncuran aplikasi perbankan digital karya BABP yang dinamakan MotionBanking.

Permintaan konten video streaming dari 4 Stasiun TV FTA dari MNC Media: RCTI, MNCTV, GTV, iNews memiliki pangsa pemirsa tertinggi, misalnya pada saat perilisan film, konser musik, atau acara olahraga. Pusat data lokal perusahaan perlu ditingkatkan untuk menghindari waktu pemuatan video yang lambat atau pengalaman pemutaran yang terputus. 

MNC menggunakan Amazon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2) yang menyediakan kapasitas komputasi cloud yang dapat disesuaikan agar beban kerja dapat diskalakan dan pemirsa mendapatkan tayangan yang stabil. Untuk meminimalisir latensi dan menghadirkan tayangan yang lebih mulus kepada penonton dalam jumlah besar, MNC menggunakan AWS CloudFront, layanan content delivery network (CDN) untuk menyiarkan video secara global dengan kecepatan transfer tinggi, serta layanan pemrosesan dan tayangan video secara langsung untuk menyiapkan dan melindungi kualitas video selama siaran lewat internet.

BABP mengembangkan solusi perbankan digital, MotionBanking, dengan AWS untuk melayani kebutuhan pelanggan yang meningkat, khususnya pengelolaan keuangan lewat platform digital. MotionBanking memiliki berbagai layanan keuangan seperti rekening tabungan, transfer, pembayaran kartu kredit, notifikasi real-time, dan masih banyak lagi. 

BABP akan menggunakan kapabilitas cloud AWS yang komprehensif, termasuk infrastruktur AWS Asia Pacific (Jakarta) Region yang segera hadir untuk menjalankan core banking secara aman di cloud, menskalakan mengikuti permintaan nasabah, dan berinovasi menghadirkan layanan keuangan secara cepat.

Misalnya, BABP berencana membangun gudang data cloud memanfaatkan layanan analitik data AWS untuk menganalisis ratusan juta titik data konsumen secara bersamaan, seperti empat FTA TV MNC Media yang menguasai 54 persen pangsa pasar, 10 juta pelanggan DTH, televisi berbayar, dan broadband, 286 juta follower media sosial, 100 juta monthly active user (MAU) dari layanan streaming OTT dan super apps, 75 juta pembaca portal online, 2,7 juta pengguna platform e-commerce MNC Group, dan lebih banyak lagi di seluruh unit usahanya. 

Analisis ini akan memberikan BABP wawasan mengenai nasabahnya, seperti pola dan tren perilaku, yang memungkinkan MotionBanking untuk menyediakan layanan dan produk keuangan yang disesuaikan, untuk meningkatkan keterlibatan dan pengalaman perbankan digital.

Chief Technology Officer (CTO) MotionBanking Parman Suparman mengatakan, pindah ke cloud telah membuka jalan bagi BHIT untuk berinovasi dan menghadirkan pengalaman dengan cara baru. 
 
“Kami telah mengubah bisnis media kami bersama AWS dan sekarang kami ingin mengulangi kisah sukses ini lewat transformasi bisnis jasa keuangan dengan cloud terkemuka di dunia. Dengan bantuan kapabilitas lanjutan yang ditawarkan AWS, termasuk analitik dan machine learning, kami berharap bisa memahami konsumen kami, memprediksi tren dan preferensi masa depan, dan menyelesaikan berbagai tantangan keuangan,” kata dia, dalam keterangannya, Senin (27/9/2021). 

Lebih lanjut Parman menuturkan, AWS Asia Pacific (Jakarta) Region yang segera dibuka akan memainkan peranan penting dalam menyediakan keamanan tertinggi dengan latensi yang rendah, yang merupakan hal terpenting bagi industri jasa keuangan.

Sementara itu, Country Manager AWS Indonesia Gunawan Susanto menyampaikan, AWS menyediakan berbagai pemain bisnis terbesar di Indonesia kapabilitas cloud yang aman, tangguh dan berstandar global yang dibutuhkan untuk mentransformasi pengalaman pelanggan secara total. 

"MNC Group memanfaatkan portfolio layanan cloud AWS untuk mengubah bisnis media dan layanan keuangan, menjawab perilaku dan ekspektasi pelanggan yang berubah-ubah dengan cepat. Investasi kami yang berkesinambungan bagi Indonesia dan AWS Asia Pacific (Jakarta) Region yang baru akan mempercepat transformasi digital dan mendorong berkembangnya pelaku usaha lokal serta seluruh negeri,” tutur Gunawan. 

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel: