MotionPay: 4 Tips Sederhana Menjaga Kelestarian Air Bersih

MNC Media ยท Kamis, 29 September 2022 - 11:04:00 WIB
MotionPay: 4 Tips Sederhana Menjaga Kelestarian Air Bersih
MotionPay berbagi 4 tips sederhana menjaga kelestarian air bersih. (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNews.id – Air merupakan salah satu sumber kehidupan yang utama bagi manusia. Selain untuk minum, air digunakan untuk kebutuhan rumah tangga seperti mandi, mencuci, memasak, hingga fungsi yang lebih luas seperti pengairan, media transportasi, keperluan industri, dan sebagainya.

Meskipun 70 persen Bumi dipenuhi oleh air, hanya 3 persen air bersih yang dapat digunakan oleh manusia. Oleh karena itu, peran manusia sangat dibutuhkan dalam menjaga kualitas dan kelestarian air bersih. 

Anda dapat menjalankan 4 (empat) tips sederhana di lingkungan tempat tinggal Anda sesuai yang telah dirangkum oleh MotionPay berikut ini:

1. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Kebersihan lingkungan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kualitas dan kelestarian air. Untuk menjaga kebersihan lingkungan, buanglah sampah atau limbah rumah tangga Anda pada tempatnya. Membuang sampah sembarangan ke saluran air atau ke sungai akan menyebabkan pencemaran air karena sungai merupakan salah satu sumber air bersih yang nantinya dikelola dan disalurkan ke rumah Anda. 

2. Menghemat Penggunaan Air

Karena keberadaan air bersih di Bumi terbatas, Anda perlu menghemat penggunaan air untuk menghindari krisis air bersih. Menghemat air dapat Anda lakukan dengan menutup keran jika tidak digunakan, menampung air hujan untuk menyiram tanaman, menggunakan shower untuk mandi, dan sebagainya. Hal ini penting dilakukan secara konsisten untuk mencegah terjadinya krisis air bersih.

3. Menanam Pohon

Penanaman pohon di lingkungan tempat tinggal Anda akan meningkatkan resapan air tanah, sehingga turut membantu menjaga kelestarian air. Oleh karena itu, Anda dapat mulai menanam pohon di lingkungan sekitar Anda untuk menjaga sumber resapan air.

4. Perhatikan Saluran Air

Ketika membangun saluran air, berikan jarak setidaknya 10 meter antara saluran air bersih dengan saluran pembuangan toilet untuk menjaga kualitas sumber air bersih. Selain itu, perlu dilakukan pemeriksaan saluran air secara rutin. Hal ini dilakukan untuk melihat apakah ada saluran atau pipa air yang bocor atau rusak agar tidak terjadi pemborosan air. Pipa air yang terbuat dari besi juga perlu diperhatikan karena jika rusak atau usang, akan timbul karat yang menyebabkan pencemaran kualitas air.

Managing Director Motion Technology Jessica Tanoesoedibjo menyampaikan bahwa kelancaran pasokan air bersih di rumah dapat dipastikan dengan melakukan pembayaran tagihan PDAM secara rutin setiap bulan. 

Pembayaran tagihan termasuk tagihan PDAM dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi MotionPay. Pembayaran tepat waktu akan memastikan layanan air bersih Anda tetap berjalan lancar.  

MotionPay adalah layanan aplikasi uang elektronik dari PT MNC Teknologi Nusantara, entitas anak dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group. 


MotionPay telah terdaftar dan memperoleh izin oleh Bank Indonesia sebagai penyelenggara sistem pembayaran elektronik (e-money, e-wallet, dan digital remittance). Download aplikasi MotionPay di Google PlayStore/Apple AppStore melalui http://onelink.to/motionpay.

Editor : Jeanny Aipassa

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda