Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : MSIN Resmi Masuk MSCI Indonesia Small Cap Index
Advertisement . Scroll to see content

MSIN Siap jadi Content and Digital Entertainment Group Terbesar di Indonesia

Jumat, 11 Maret 2022 - 17:27:00 WIB
MSIN Siap jadi Content and Digital Entertainment Group Terbesar di Indonesia
PT MNC Studios International Tbk berubah nama menjadi PT MNC Digital Entertainment Tbk. (Foto: dok iNews)
Advertisement . Scroll to see content

Sedangkan untuk bisnis Gaming dan Esport, perseroan mendirikan unit gaming melalui E-Sports Star Indonesia (ESI) pada awal tahun 2021. Keterlibatan MSIN pada aktifitas gaming dan Esports termasuk, penerbitan game, produksi dan manajemen acara (kompetisi e-sports profesional dan pencarian bakat), manajemen tim e-sports, dan agregator game.

Selama bertahun-tahun, ESI telah bermitra dengan berbagai perusahaan game terkemuka seperti Moonton dan Garena untuk menyelenggarakan berbagai kompetisi, baik dalam bentuk kompetisi e-sports profesional maupun pencarian bakat. Penyiaran program-program terkemuka ini dilakukan secara eksklusif melalui GTV (FTA TV milik MNCN), untuk pemirsa lokal dan RCTI+, untuk pemirsa lokal dan internasional.

Catatan positif lainnya, ESI akan meluncurkan dua game mobile online tahun ini, berjudul Rapid Fire dan Battle of Legends untuk memperoleh bagian dari pasar game yang berkembang pesat di Indonesia, yang diproyeksikan tumbuh menjadi Rp16,9 triliun pada tahun 2026 dengan sebagian besar disumbangkan dari pendapatan game mobile, mewakili hampir 76 persen.

Selain itu, MSIN percaya bahwa ketertarikan untuk game-nya tidak hanya berasal dari Indonesia. Dengan produksi mobile game di bawah naungan tim yang berpengalaman yang berlokasi di Korea Selatan yang sebelumnya telah berhasil merilis game di berbagai wilayah, menarik gamer global adalah sesuatu yang bisa dijangkau.

Perseroan juga terus mengembangkan unit bisnis Vision+, yang merupakan premium OTT SVOD dengan pertumbuhan tercepat di tahun 2021, yang memberikan akses ke lebih dari 18.000 jam konten VOD, lebih dari 110 saluran linier premium lokal dan internasional, dan konten orisinil yang diproduksi oleh Vision Pictures. 

Seperti yang telah diumumkan sebelumnya, Perseroan juga telah melakukan transformasi untuk Vision+ menjadi platform SVOD superapp dengan menyediakan game kasual, yang kini memiliki lebih dari 74 game. Sebagai aplikasi superapp berbasis langganan dengan konten yang terdiri dari video premium, baik linier & VOD, dan game, Vision+ memiliki lebih dari 45 juta pengguna aktif bulanan, 7,8 juta pengguna terdaftar, dan lebih dari 2 juta pelanggan berbayar.

Selanjutnya, MSIN juga akan mengintegrasikan Klaklik ke Vision+. Klaklik adalah platform digital dan aplikasi media all-in-one dengan berbagai hiburan berbasis user generated content (UGC), seperti podcast, e-novel, quotes, konten format pendek & sedang, dan lainnya. Isi atau fitur utama Klaklik, antara lain Play, Audioplay, Story, Comics, dan Circle.

Dengan struktur konten yang disebutkan di atas, Vision+ siap untuk menangkap industri SVOD yang sedang berkembang di Indonesia yang memiliki basis pelanggan platform SVOD terbesar di Asia Tenggara, sebesar 14,7 juta pada tahun 2021.

Angka ini diperkirakan akan tumbuh mendekati 30 juta pelanggan pada tahun 2026, menurut MPA dan Vision+ menargetkan untuk menjadi salah satu pemain dominan di pasar platform SVOD melalui berbagai strategi penetrasi, yang terdiri dari upselling ke pelanggan TV berlangganan MNC Group (+10 juta pelanggan).

Editor: Jeanny Aipassa

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut