Nilai Euro Jatuh di Bawah Dolar AS untuk Pertama Kali dalam 20 Tahun

Anggie Ariesta ยท Kamis, 14 Juli 2022 - 09:42:00 WIB
Nilai Euro Jatuh di Bawah Dolar AS untuk Pertama Kali dalam 20 Tahun
Nilai euro jatuh di bawah dolar AS untuk pertama kali dalam 20 tahun. Foto: Reuters

NEW YORK, iNews.id - Nilai mata uang euro mengalami pelemahan terhadap dolar Amerika Serikat (AS) untuk pertama kalinya sejak Desember 2002. Pada perdagangan Rabu (13/7/2022), nilai euro sempat kurang dari 1 dolar AS.  

Pada perdagangan siang, euro sempat jatuh ke 0,998 dolar AS di pasar valuta asing atau turun 0,4 persen dari hari sebelumnya setelah data inflasi AS Juni melonjak ke 9,1 persen, yang merupakan level tertinggi lebih dari 40 tahun. Namun akhirnya, euro menguat kembali ke perdagangan terakhir di 1,0061 dolar AS.  

Kekhawatiran Rusia bisa membatasi pasokan energi ke Eropa telah meningkatkan kemungkinan resesi di kawasan Eropa. Bank Sentral Eropa (ECB) tertinggal dengan bank sentral lainnya dalam menaikkan suku bunga, sehingga semakin melemahkan nilai euro. 

Mata uang cenderung naik saat bank sentral terkait menaikkan suku bunga. Pasalnya, investor internasional mengincar pengembalian yang lebih besar untuk memegang aset dengan harga dalam mata uang tersebut. 

Dolar AS juga telah menguat dalam beberapa bulan terakhir. Hal itu didukung bank sentral AS (The Fed) yang menaikkan suku bunga dan investor mencari investasi yang aman untuk aset dolarnya saat ekonomi global bergejolak.  

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda