Orang Terkaya Asia Tempati Posisi ke-10 Miliarder Paling Tajir di Dunia, Berapa Hartanya?

Aditya Pratama ยท Jumat, 15 Oktober 2021 - 06:40:00 WIB
Orang Terkaya Asia Tempati Posisi ke-10 Miliarder Paling Tajir di Dunia, Berapa Hartanya?
Chairman Reliance Industries Mukesh Ambani orang terkaya Asia berada di peringkat ke-10 miliarder paling tajir di dunia. Foto: Reuters.

NEW DELHI, iNews.id - Orang terkaya di Asia, Mukesh Ambani bergabung dengan klub eksklusif pekan lalu. Kekayaan bersihnya mencapai lebih dari 100 miliar dolar AS. 

Meningkatnya kekayaan Ambani didorong melonjaknya saham Reliance Industries sebesar lebih dari 30 persen pada tahun ini. Dia berada di peringkat 10 miliarder paling tajir di dunia, bergabung dengan orang supertajir, seperti Elon Musk dan Jeff Bezos.

Berdasarkan daftar Forbes Real Time Billionaires, kekayaan Mukesh diperkirakan sebesar 102,1 miliar atau Rp1.441 triliun. Mayoritas kekayaan Ambani berasal dari sahamnya di perusahaan penyulingan minyak, petrokimia, migas, telekomunikasi, dan retail Reliance yang diwariskan ayahnya pada 2002 lalu. 

Ambani kembali masuk ke industri telekomunikasi pada 2016 melalui Reliance Jio, yang sekarang menjadi operator seluler terbesar dalam jumlah pelanggan. Jio baru-baru ini mengembangkan smartphone buatan India bekerja sama dengan Google.

Pada pertemuan pemegang saham tahunan perusahaan pada Juni lalu, Ambani mengungkapkan rencana ambisius untuk mengubah bisnis listrik warisannya ke energi hijau, dengan komitmen lebih dari 10 miliar dolar AS selama tiga tahun. Reliance berencana mendirikan empat pabrik untuk membuat modul surya fotovoltaik, baterai penyimpanan energi, elektroliser, dan sel bahan bakar. Perusahaan berencana memiliki energi surya dengan kapasitas 100 gigawatt (GW) pada 2030.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda